Transfer Nutrisi Dan Energi Larva Udang Vanname (Litopennaeus vannamei) dengan Pemberian Pakan Artemia sp. Produk Lokal dan Impor

Vivi Endar Herawati

Abstract


Nutrisi dalam pakan merupakan faktor utama yang diperlukan dalam pertumbuhan dan meningkatkan tingkat kelulushidupan. Transfer nutrisi diperlukan untuk menemukan kandungan nutrisi yang paling banyak diserap dan dimanfaatkan untuk pertumbuhan larva udang, kemudian kebutuhan energy ditemukan melalui proses penyerapan nutrisi dalam Artemia sp. pada larva udang. Tujuan dari penelitian ini, yaitu menemukatan transfer nutrisi melalui profil asam lemak serta profil asam amino essensial dan menemukan kebutuhan energy total dalam penyerapan pakan Artemia sp. pada larva udang vanname stadia PL1-PL10. Metode yang digunakan adalah eksperimental dengan 3 perlakuan dan analisa data yang dilakukan secara deskriptif berdasarkan hasil analisis profil asam lemak dan profil asam amino essensial. Hasil yang didapatkan  transfer asam lemak lemak jenuh tertinggi pada larva udang dengan pemberian pakan Artemia sp. produk lokal, yaitu asam lemak palmitat dan transfer asam lemak tak jenuh tertinggi pada larva udang dengan pemberian pakan Artemia sp. produk impor, yaitu 6,44%. Transfer asam amino essensial total tertinggi pada larva udang dengan pemberian pakan Artemia sp. produk lokal dengan nilai transfer 0,61 ppm. Hasil perhitungan energi total pada larva udang vanname stadia PL 5 dan PL 10 dengan pemberian pakan Artemia sp. produk lokal adalah 2,95 kkal/g dan 3,35 kkal/g; kemudian untuk energi total pada larva udang stadia PL 5 dan PL 10 dengan pemberian pakan Artemia sp. impor adalah 2,76 kkal/gr dan 3,20 kkal/gr.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
Aquasains Jurnal Ilmu Perikanan dan Sumberdaya Perairan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Flag Counter

Aquasains Stats 
Indexed By: