PENGARUH PENAMBAHAN AROMA VANILI TERHADAP KARAKTERISTIK BERAS ANALOG BERBAHAN BAKU TEPUNG UBI KAYU YANG DIPERKAYA DENGAN PROTEIN IKAN LELE

JUNARLI JUNARLI, Tamrin Tamrin, Siti Suharyatun

Abstract


Konsumsi beras di Indonesia sangat tinggi karena beras merupakan  sumber karbohidrat utama dalam pola makan sebagian besar masyarakat Indonesia. Akibatnya ketergantungan terhadap produksi beras sangat tinggi. Tingkat ketergantungan masyarakat terhadap satu sumber karbohidrat saja perlu dikurangi karena akan berdampak terhadap ketahanan  pangan.  Salah satu pendekatan untuk mengurangi tingkat ketergantungan terhadap beras adalah melalui diversifikasi pangan, yaitu dengan pembuatan beras analog.  Penelitian ini bertujuan mempelajari pengaruh penambahan vanili pada beras analog berbahan baku tepung ubi kayu yang diperkaya dengan protein ikan lele terhadap aroma yang dihasilkan.  Bahan dan alat utama yang digunakan adalah tepung ubi kayu, ikan lele dan vanili bubuk.  Penelitian ini menggunakan rancangan Faktorial.  Faktor pertama adalah penambahan tepung ikan lele  (5%, 7,5%, dan 10%) dan faktor kedua penambahan konsentrasi aroma vanili  (5 g, 7 g dan 10 g) dengan 2 kali ulangan. Parameter yang diukur : densitas, daya serap, kekerasan, kadar air, warna, dan uji sensorik.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa beras analog yang dihasilkan memiliki karakteristik densitas berkisar 0,63 % - 0,71 %, daya serap 85,2 % - 107,4 %, kekerasan 7,01 – 9,19, dan kadar air 7,10 % - 11,52 %. Penambahan aroma vanili tidak berpengaruh terhadap karakteristik beras analog. Beras analog yang paling disukai panelis adalah beras dengan penambahan tepung ikan lele 5% dan vanili 10 gr/kg.

Kata Kunci : Tepung ubi kayu; tepung ikan lele; dan aroma vanili.


Full Text:

PDF

References


Dewi S.K. 2008. Pembuatan produk nasi instan berbasis Fermented Cassava Flour Sebagai Bahan Pangan Alternatif.Skripsi Fakultas Teknologi Pertanian IPB.

Fitriyanto, M., S.R. Putra. 2013. Karakterisasi Beras Buatan(Artificial Rice) dari Campuran Tepung Sagu (Metroxylon sp.) dan Tepung Kacang Hijau. Jurnal Sains dan Seni Pomits Vol. 2, No. 1, Hal 1-3.

Franciska, S.Y., Tamrin, S.waluyo, dan Warji. 2015. Pembuatan Dan Uji Karakteristik Fisik Beras Analog Dengan Bahan Baku Tepung Cassava yang Diperkaya Dengan Protein Ikan Tuna. Artikel Ilmiah Teknik Pertanian Lampung: 39- 44.

Kosasih, D., 2015. Diversifikasi Pangan Untuk Menekan Ketergantungan Beras.Greeners.co.http://www.greeners.co/berita/diversifikasi-pangan-untuk menekan-ketergantungan-beras/ (Diakses tgl 12 Oktober 2017).

Prabawati, S., N. Richana, dan Suismono. 2011. Inovasi Pengolahan Singkong Meningkatkan Pendapatan Dan Diversivikasi Pangan. Tabloid Sinar Tani Edisi 4-10 mei 2011 No. 3404 Tahun XLI.

Widowati, S. 2009. Tepung Aneka Umbi Sebuah Solusi Ketahanan Pangan. Balai Besar Penelitian dan Pasca Panen Pertanian.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jtep-l.v6i3.181-188

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 JUNARLI JUNARLI, Tamrin Tamrin, Siti Suharyatun

Web
Analytics JTEP Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.