OPTIMALISASI PENGELOLAAN USAHA LABORATORIUM LAPANG TERPADU FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS LAMPUNG MENGGUNAKAN METODE LINEAR PROGRAMMING

Wahyu Ratnaningsih, Sandi Asmara, Winda Rahmawati, Agus Haryanto, Dwi Dian Novita

Abstract


ABSTRAK

Laboratorium lapang terpadu (Lab. LT.) merupakan salah satu laboratorium yang terdapat di Fakultas Pertanian Universitas Lampung.  Memiliki luas 67.000 m², yang terbagi menjadi 5 bagian utama yaitu lahan usaha, lahan penelitian dan praktikum, lahan ternak, kolam ikan, dan lahan tidak terpakai.  Penelitian ini menggunakan model linear programming berdasarkan metode simpleks dengan bantuan software QM For Windows.  Tujuan dari penelitian ini yaitu merumuskan formulasi matematika model linear programming dan menghitung nilai keuntungan optimal bagi pengelolaan Lab. LT.  Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai keuntungan data asumsi lebih besar dari data asli berdasarkan kondisi Lab. LT.  Keuntungan yang diperoleh setiap tiga bulannya jika nilai Zmax (x2) sama dengan nol yaitu Rp.22.200.370, dengan ketentuan luas lahan usaha ditambah 0,52% dari luas sebelumnya dan untuk kolam ikan ditambah 2,22% dari luas sebelumnya.  Sedangkan berdasarkan nilai asumsi keuntungan yang akan diperoleh setiap tiga bulannya yaitu Rp.34.810.000, dengan ketentuan luas lahan penelitian dan praktikum ditambah 1% dari luas lahan sebelumnya dan untuk kolam ikan ditambah 2,33% dari luas kolam yang digunakan sebelumnya.  Selisih keuntungan yang diperoleh dari data asli dan data asumsi yaitu sebesar Rp. 14.821.850 setiap 3 bulannya.

__________________________________________________________________

Kata kunci: Optimalisasi, riset operasional, linear programming, metode simpleks, QM for windows.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arsil, P., dan Wijaya, K. 2009. Optimasi Tata Guna Lahan Untuk Tanaman Sayuran Di Desa Serang Kecamatan Karangreja Menggunakan Program Linier. Jurnal Matematika. Unsoed .Purwokerto.

Motoh, T. E. S. F. 2015. Implementasi Program Linear Untuk Memaksimumkan Keuntungan Produksi Bakpia Dengan Menggunakan Aplikasi POM QM. Sekripsi. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Muhaimin, M. dan Pamungkas, A. 2014. Optimalisasi Penggunaan Lahan Untuk Memaksimalkan Pendapatan Pemerintah Daerah Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Teknik Pomits. Vol. 3 (2):87¬¬¬—91.

Siang, J. J. 2014. Riset Operasional Dalam Pendekatan Algoritmis. CV. Andi Offset. Yogyakarta. 354 hlm.

Wijayanto, P. 2007. Panduan Program Aplikasi QM For Windows. Fakultas Ekonomi. Universitas Kristen Satya Wacana. Salatiga. 45 hlm.

Yamit, Z. 2012. Manajemen Kuantitatif Untuk Bisnis (Operations research). BPFE. Yogyakarta. 552 hlm.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jtep-l.v7i1.25-34

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Web
Analytics JTEP Stats