Petunjuk Penulisan JTEP

1)      Jurnal Teknik Pertanian Lampung (JTEP Lampung) merupakan publikasi ilmiah dalam bentuk elektroknik jurnal (e-journal) yang memuat hasil-hasil penelitian, pengembangan, kajian atau gagasan dalam bidang ilmu keteknikan pertanian.  Tulisan ilmiah tersebut adalah asli dan belum pernah dipublikasikan atau tidak sedang diajukan untuk dimuat pada jurnal, bulletin atau majalah ilmiah lainnya.

2)      Ruang Lingkup: JTEP Lampung diterbitkan secara berkala tiap empat bulan sekali (3 kali dalam setahun), pada bulan Pebruari, Juni, dan Oktober.  Memuat tulisan ilmiah (makalah) hasil perekayasaan dan penelitian primer di bidang keteknikan pertanian.

3)      JTEP Lampung terbuka untuk umum, mahasiswa, peneliti, akademisi, praktisi, dan pemerhati dunia keteknikan pertanian.

4)      Naskah: Redaksi menerima sumbangan naskah/tulisan ilmiah dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris, dengan batasan sebagai berikut :

  1. Naskah diketik pada kertas ukuran A4 (210mm x 297mm) dengan 2 spasi dan ukuran huruf Times New Roman 12pt.  Jarak tepi kiri, kanan, atas, dan bawah masing-masing 3 cm.  Panjang naskah tidak melebihi 20 halaman termasuk abstrak, daftar pustaka, tabel dan gambar.  Semua tabel dan gambar ditempatkan terpisah pada bagian akhir naskah (tidak disisipkan dalam naskah) dengan penomoran sesuai dengan yang tertera dalam naskah.  Naskah disusun dengan urutan sebagai berikut: Judul; Nama Penulis disertai dengan catatan kaki tentang instansi tempat bekerja; Pendahuluan; Bahan dan Metode; Hasil dan Pembahasan; Kesimpulan dan Saran; Daftar Pustaka; serta Lampiran jika diperlukan. Template penulisan dapat didownload di http://jurnal.fp.unila.ac.id/index.php/JTP
  2. Judul dan Sub-Judul: Judul singkat dan jelas ditulis dengan huruf capital, bila mengandung istilah latin ditulis dengan huruf miring dan ditulis dalam dua bahasa.  Naskah menggunakan bahasa Indonesia, judul dengan bahasa Indonesia dengan huruf capital, dibawahnya (dalam kurung) judul bahasa Inggris dengan huruf besar hanya pada permulaan kata (Capitalize Each Words). Demikian pula berlaku sebaliknya pada naskah yang menggunaan bahasa Inggris.

Sub Judul ditulis dengan huruf besar pada awal kata, kecuali kata sambung dengan penomoran system decimal (contoh: 2. Bahan dan Metode, 2.1. Bahan, 2.2. Metode, dst..) mencerminkan materi yang dibahas dan ditulis secara ringkas dan jelas.

  1. Abstrak (Abstract) dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, tidak lebih dari 250 kata.  Mengandung informasi yang tertuang dalam penulisan dan mudah untuk dipahami.  Ringkasan (abstract) harus memuat secara singkat latar belakang, tujuan, metode, serta kesimpulan dan yang merupakan high light hasil penelitian.
  2. Pendahuluan: memuat latar belakang masalah yang mendorong dilaksanakannya perekayasaan dan penelitian, sitasi dari temuan-temuan terdahulu yang berkaitan dan relevan, serta tujuan perekayasaan atau penelitian.
  3. Bahan dan Metoda: secara jelas menerangkan bahan dan metodologi yang digunakan dalam perekayasaan atau penelitian berikut dengan lokasi dan waktu  pelaksanaan, serta analisis statistik yang digunakan.  Rujukan diberikan kepada metoda yang spesifik.
  4. Hasil dan Pembahasan: Memuat hasil-hasil perekayasaan atau penelitian yang diperoleh dan kaitannya dengan bagaimana hasil tersebut dapat memecahkan masalah serta implikasinya.  Persamaan dan perbedaannya dengan hasil perekayasaan atau penelitian terdahulu serta prospek pengembangannya.  Hasil dapat disajikan dengan menampilkan gambar, grafik, ataupun tabel.
  5. Kesimpulan dan Saran: memuat hal-hal penting dari hasil penelitian dan kontribusinya untuk mengatasi masalah serta saran yang diperlukan untuk arah perekayasaan dan penelitian lebih lanjut.
  6. Daftar Pustaka: disusun secara alfabetis menurut penulis, dengan susunan dan format sebagai berikut: Nama penulis didahului nama family/nama terakhir diikuti huruf pertama nama kecil atau nama pertama.  Untuk penulis kedua dan seterusnya ditulis kebalikannya.  Contoh:
  • Kepustakaan dari Jurnal:

Tusi, Ahmad, dan R.A. Bustomi Rosadi. 2009. Aplikasi Irigasi Defisit pada Tanaman Jagung. Jurnal Irigasi. 4(2): 120-130.

  • Kepustakaan dari Buku:

Keller, J., and R.D. Bleisner. 1990. Sprinkle and Trickle Irrigation. AVI Publishing Company Inc. New York, USA.

  1. Satuan: Satuan harus menggunakan system internasional (SI), contoh : m (meter), N (newton), °C (temperature), kW dan W (daya), dll.
  2. Tabel, Gambar, dan Lampiran: Penomoran tabel dan gambar harus sesuai dengan yang tertera pada naskah.  Penomoran menggunakan nomor urut 1, 2, 3, … dst.  Judul Tabel, Gambar, dan Lampiran menggunakan huruf capital pada kata pertama (contoh: Tabel 1. Keseragaman debit emitter.; Gambar 1. Profil pembasahan irigasi tetes; dan Lampiran 1. Hasil rata-rata iklim… dst.)

5)   Penyampaian Naskah: Naskah/karya ilmiah dikirimkan secara langsung melalui alamat http://jurnal.fp.unila.ac.id/index.php/JTP (jika anda sudah terdaftar atau memiliki login di Jurnal).  Jika belum memiliki account di JTEP Lampung, maka silahkan masuk melalui halaman:                     : http://jurnal.fp.unila.ac.id/index.php/JTP/user/register  

6)      Selama proses penerimaan karya ilmiah, penelaahan oleh Reviewer, sampai diterimanya makalah untuk diterbitkan dalam jurnal akan dikonfirmasi kepada penulis melalui alamat http://jurnal.fp.unila.ac.id/index.php/JTP sesuai dengan account yang sudah dimiliki ketika registrasi di JTEP Lampung.

7)      Reviewer berhak melakukan penilaian, koreksi, menambah atau mengurangi isi naskah/tulisan bila dianggap perlu, tanpa mengurangi maksud dan tujuan penulisan.

 

Catatan:

Apabila mengalami kesulitan dalam mengunggah naskah secara online dapat menghubungi Redaksi JTEP Lampung melalui email: ae.journal@yahoo.com