PEMBINAAN KELOMPOK WANITA TANI HARAPAN JAYA DALAM PENERAPAN BAURAN PEMASARAN JAHE MERAH INSTAN DI KECAMATAN RAJABASA, BANDAR LAMPUNG
DOI:
https://doi.org/10.23960/jpfp.v1i2.5958
Keywords:
agribisnis, bauran pemasaran, jahe instan, KWTAbstract
Kelompok Wanita Tani (KWT) Harapan Jaya di Kota Bandar Lampung memiliki usaha pengolahan jahe merah menjadi jahe instan. Permintaan terhadap jahe instan tersebut meningkat sejak pandemi Covid 19. Namun, kendala yang dihadapi bila akan meningkatkan produksi adalah ketersediaan bahan baku dan jahe instan dihasilkan belum dikemas dengan baik, penentuan harga jual belum benar, pemasaran masih terbatas, dan promosi belum dilakukan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatan pengetahuan anggota KWT Harapan Jaya tentang pengadaan bahan baku jahe merah dan bauran pemasaran jahe instan. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah penyuluhan (ceramah dan diskusi) dan pendampingan. Setelah kegiatan penyuluhan dilakukan, pengetahuan anggota KWT Harapan Jaya mengenai pengadaan bahan baku jahe merah dan bauran pemasaran meningkat sebesar 66,17 persen. Peserta kegiatan antusias mengikuti kegiatan pengabdian kepada masyarakat terlihat dari persentase kehadiran sebesar 65 persen (lebih dari 50 persen anggota aktif) dan diskusi berjalan lancar serta aktif. Pengembangan kemasan produk, tertib pembukuan usaha, penetapan harga jual jahe instan, pemanfaatan media sosial dalam pemasaran dan promosi jahe instan KWT Harapan Jaya perlu waktu yang lebih panjang untuk mengevaluasinya.
Downloads
References
Aryanta, I. W. R. 2019. Manfaat Jahe Untuk Kesehatan. Jurnal Widya Kesehatan. Vo. 1(2) : 39-43.
Dzulfikar, A., S. Jahroh, dan M.M. Ali. 2021. Strategi Peningkatan Kepuasan Konsumen Jahe Sang Jawara di Masa Pandemi Covid-19 Dengan Pendekatan Importance Performance Analysis. Jurnal Aplikasi Manajemen dan Bisnis. Vol. 7(3) : 681-693.
Muzakki, M.F., A. M. Kartini, B. F. Patricia, E. Bagasunanda, M.S. Baihaqi, N. Mahmudah, R. Marlano, S. Stacia, dan L. Kartika. 2021. Strategi Peningkatan Kapasitas UMKM melalui Program Pemberdayaan di Wilayah Jakarta Timur. Agrokreatif: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 7(3) : 209-220.
Nuryono. 2019. Peran Kelompok Wanita Tani (KWT) Mendukung Pelaksanaan Materi Penyuluhan Pertanian. http://cybex.pertanian.go.id/ /artikel/peran-kelompok-wanita-tani-kwtmendukungpelaksanaan-materi-penyuluhan-pertanian/. Diakses pada 31 Januari 2022.
Setiawati, E dan S. Rozinah. 2020. Pemberdayaan Ibu-Ibu Rumah Tangga Dalam Upaya Meningkatkan Ekonomi Keluarga Melalui Pengelolaan Usaha Rumahan di Tangerang Selatan. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 4(2): 231 – 240.
Solihin, E., A. Sandrawati, dan W. Kurniawan. 2018. Pemanfaatan pekarangan rumah untuk budidaya sayuran sebagai penyedia gizi sehat keluarga. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 2(8) : 590-593.
Sudiyono, 2002. Pemasaran Pertanian. Universitas Muhammadiyah Malang. Malang.
Suteno dan H. Rabiansyah. 2020. Draf Pembukuan dan Administrasi Kelompok Tani Program Readsi Kab. Sambas dan Kab. Sanggau Provinsi Kalimantan Barat. Kalbar.
Sugiatno, H. Susanto, dan N. Nurmauli. 2022. Penyuluhan Intensifikasi Pekarangan dengan Tanaman Obat pada KWT Delima Dusun Karang Endah Desa Karang Anyar, Jati Agung, Lampung Selatan. Jurnal Pengabdian Fakultas Pertanian Universitas Lampung. 1(1) : 1-10.
Shinta, A. 2011. Manajemen Pemasaran. Universitas Brawijaya Press (UB Press). Malang.
Sumarsono, S. 2009. Teori dan Kebijakan Publik Ekonomi Sumber Daya Manusia. Graha Ilmu. Yogyakarta
Yamit, Z. 2011. Manajemen Produksi dan Operasi, Edisi Pertama. Ekonisia. Yogyakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pengabdian (JPFP) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
the copyright holder is the author. Authors publishing under any license allowed by the journal retain all rights.