Peningkatan Kinerja UMKM di Pekon Sri Menanti, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Lampung Barat Melalui Pelatihan Pengelolaan Usaha Berbasis Sosio Technopreneur

Authors

  • Novi Rosanti (SINTA ID: 6100430) Department of Agribusiness, Faculty of Agriculture, University of Lampung
  • Wan Abbas Zakaria
  • Dian Rahmalia
  • I.Rani Mellya Sari
  • Tyas Sekartiara Syafani

DOI:

https://doi.org/10.23960/jpfp.v2i2.7888
Abstract View: 427

Keywords:

UMKM, kinerja, mutu, dan pemasaran produk

Abstract

Kopi merupakan salah satu komoditas unggulan Kabupaten Lampung Barat. Salah satu tanaman sela kebun kopi yang berkontribusi cukup besar terhadap pendapatan rumah tangga adalah pisang. Untuk meningkatkan nilai jual kopi dan pisang, rumah tangga petani mengolah menjadi kopi bubuk, keripik  pisang, dan sale pisang. Keterbatasan teknologi dan pemasaran  menyebabkan  Usaha  Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di pekon Sri Menanti menghadapi berbagai persoalan terkait   pemasaran   produk, termasuk KWT.   Kegiatan Pengabdian Masyarakat Unggulan ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan pengetahuan tentang konsep social-technopreneurship untuk meningkatkan kinerja ekonomi UMKM serta keterampilandalam pengemasan dan pemasaran produk unggulan. Kegiatan dilaksanakan di Pekon Sri Menanti, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Lampung Barat pada Juni – Agustus 2023.  Kelompok sasaran dalam kegiatan ini adalah Kelompok Wanita Tani (KWT) Cempaka dan Kelompok Pemuda Desa serta aparatur pekon. Metode pelaksanaan kegiatan berupa penyuluhan, pelatihan dan pendampingan.  Setelah penyuluhan dan Focus Group Discussion (FGD) dilakukan, terjadi peningkatan pengetahuan mengenai kinerja UMKM melalui manajemen keuangan, pembukuan, pemasaran digital, dan desain produk sebesar 7,27 persen.  Peserta kegiatan antusias mengikuti kegiatan pengabdian kepada masyarakat terlihat dari persentase kehadiran sebesar 90 persen dan diskusi berjalan lancar serta aktif. Melalui pendampingan, KWT dapat merancang desain produkdan pemanfaatan media sosial dalam pemasaran dan promosi produk KWT.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditya wardhana. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UMKdi Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan dan Bisnis IV (pp. 327–337). Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Badan Pusat Statistika Provinsi Lampung. 2021. Lampung dalam Angka. Bandar Lampung (ID): Badan Pusat Statistik.

Consoli & Cesaroni. (2015). Are Small Businnes Reallyable to Take Advantage of Social Media? Electronic Journal of Knowledge13 (4): 257-268.

Kotler, P., & Keller, K. L. 2008. Manajemen Pemasaran (13 Jilid 1). Penerbit Erlangga. Jakarta.

Paramita, P. D. & Surur. 2022. Meningkatkan Kualitas Pemasaran UMKM Melalui Inovasi Sosial MediaMarketing pada Pelaku Usaha Keripik di Desa Domas. E-Journal Al-Dzahab 3 (1): 21-31.

Rahmalia, D., Endaryanto, T., Rosanti, N. and Sari, I.R.M., 2022. Pelatihan Manajemen Usaha untuk Meningkatkan Kapasitas Para Pelaku Umkm di Pekon Lugusari. Jurnal Pengabdian Fakultas Pertanian Universitas Lampung, 1(2), pp.241-248.

Setiawati, E dan S. Rozinah. 2020. Pemberdayaan Ibu-Ibu Rumah Tangga Dalam Upaya Meningkatkan Ekonomi Keluarga Melalui Pengelolaan Usaha Rumahan di Tangerang Selatan. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 4(2): 231 – 240

Todor, R.D. 2016. Blending Traditional And Digital Marketing. Bulletin of the Transilvania University of Braşov Series V: Economic Sciences, 9 (58) : 1.

Published

2023-09-06

How to Cite

Rosanti, N., Zakaria, W. A., Rahmalia, D., Sari, I. M., & Syafani, T. S. (2023). Peningkatan Kinerja UMKM di Pekon Sri Menanti, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Lampung Barat Melalui Pelatihan Pengelolaan Usaha Berbasis Sosio Technopreneur. Jurnal Pengabdian Fakultas Pertanian Universitas Lampung, 2(2), 75–89. https://doi.org/10.23960/jpfp.v2i2.7888