Peningkatan Kinerja UMKM di Pekon Sri Menanti, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Lampung Barat Melalui Pelatihan Pengelolaan Usaha Berbasis Sosio Technopreneur
DOI:
https://doi.org/10.23960/jpfp.v2i2.7888
Keywords:
UMKM, kinerja, mutu, dan pemasaran produkAbstract
Kopi merupakan salah satu komoditas unggulan Kabupaten Lampung Barat. Salah satu tanaman sela kebun kopi yang berkontribusi cukup besar terhadap pendapatan rumah tangga adalah pisang. Untuk meningkatkan nilai jual kopi dan pisang, rumah tangga petani mengolah menjadi kopi bubuk, keripik pisang, dan sale pisang. Keterbatasan teknologi dan pemasaran menyebabkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di pekon Sri Menanti menghadapi berbagai persoalan terkait pemasaran produk, termasuk KWT. Kegiatan Pengabdian Masyarakat Unggulan ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan pengetahuan tentang konsep social-technopreneurship untuk meningkatkan kinerja ekonomi UMKM serta keterampilandalam pengemasan dan pemasaran produk unggulan. Kegiatan dilaksanakan di Pekon Sri Menanti, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Lampung Barat pada Juni – Agustus 2023. Kelompok sasaran dalam kegiatan ini adalah Kelompok Wanita Tani (KWT) Cempaka dan Kelompok Pemuda Desa serta aparatur pekon. Metode pelaksanaan kegiatan berupa penyuluhan, pelatihan dan pendampingan. Setelah penyuluhan dan Focus Group Discussion (FGD) dilakukan, terjadi peningkatan pengetahuan mengenai kinerja UMKM melalui manajemen keuangan, pembukuan, pemasaran digital, dan desain produk sebesar 7,27 persen. Peserta kegiatan antusias mengikuti kegiatan pengabdian kepada masyarakat terlihat dari persentase kehadiran sebesar 90 persen dan diskusi berjalan lancar serta aktif. Melalui pendampingan, KWT dapat merancang desain produkdan pemanfaatan media sosial dalam pemasaran dan promosi produk KWT.Downloads
References
Aditya wardhana. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UMKdi Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan dan Bisnis IV (pp. 327–337). Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.
Badan Pusat Statistika Provinsi Lampung. 2021. Lampung dalam Angka. Bandar Lampung (ID): Badan Pusat Statistik.
Consoli & Cesaroni. (2015). Are Small Businnes Reallyable to Take Advantage of Social Media? Electronic Journal of Knowledge13 (4): 257-268.
Kotler, P., & Keller, K. L. 2008. Manajemen Pemasaran (13 Jilid 1). Penerbit Erlangga. Jakarta.
Paramita, P. D. & Surur. 2022. Meningkatkan Kualitas Pemasaran UMKM Melalui Inovasi Sosial MediaMarketing pada Pelaku Usaha Keripik di Desa Domas. E-Journal Al-Dzahab 3 (1): 21-31.
Rahmalia, D., Endaryanto, T., Rosanti, N. and Sari, I.R.M., 2022. Pelatihan Manajemen Usaha untuk Meningkatkan Kapasitas Para Pelaku Umkm di Pekon Lugusari. Jurnal Pengabdian Fakultas Pertanian Universitas Lampung, 1(2), pp.241-248.
Setiawati, E dan S. Rozinah. 2020. Pemberdayaan Ibu-Ibu Rumah Tangga Dalam Upaya Meningkatkan Ekonomi Keluarga Melalui Pengelolaan Usaha Rumahan di Tangerang Selatan. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 4(2): 231 – 240
Todor, R.D. 2016. Blending Traditional And Digital Marketing. Bulletin of the Transilvania University of Braşov Series V: Economic Sciences, 9 (58) : 1.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pengabdian (JPFP) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
the copyright holder is the author. Authors publishing under any license allowed by the journal retain all rights.