DIGITALISASI PEMASARAN PRODUK LOKAL BERBASIS POTENSI DESA REJO AGUNG MELALUI SOCIAL MEDIA DAN E-COMMERCE

Authors

  • Firdasari Firdasari Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian
  • Amanda Putra Seta (Google Scholar ID: dxyzxgAAAAJ) Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Lampung
  • Lina Marlina Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian
  • Yuliana Saleh Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian
  • Teguh Endaryanto Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian

DOI:

https://doi.org/10.23960/jpfp.v3i1.7962
Abstract View: 623

Keywords:

Digital marketing, Pelatihan, Teknologi informasi, UMKM

Abstract

Desa Rejo Agung memiliki banyak produk lokalberbasis potensi desa yang dihasilkan oleh masyarakat, khususnya pelaku UMKM. Banyak pelaku UMKM masih kesulitan dalam memasarkan produknya.  Para pelaku UMKM di Desa Rejo Agungbelum melakukan pemasaran produk melalui digitalisasi pemasaranditengah kemajuan teknologi dan informasi yang sedang berkembang saat ini.  Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk: 1) memberikan pelatihan kepada pelaku UMKM terkait penghimpunan dokumentasi produk pelaku UMKM Desa  Rejo Agung, 2) memberikan wawasan kepada pelaku UMKM tentang konsep digital marketing dan teknologi informasi yang dapat digunakan untuk pemasaran produk, 3) memberikan pelatihan penyusunan pesan persuasif efektif, sehingga calon pembeli semakin tertarik untuk membeli produk lokal UMKM, dan 4) memberikan pelatihan dan simulasi tentang penggunaan media digital dalam pemasaran produk melalui media sosial dan e-commerce.  Kegiatan pengabdian dilakukan dengan menggunakan metodepelatihandan pendampingan.Pelatihan dilakukan tanggal 29 September 2023 di Desa Rejo Agung, Kabupaten Pesawaran.  Pelatihan berjalan dengan lancar sesuai rencana membahas empat topik yakni digital marketing dan teknologi informasi untuk pemasaran, menyusun kalimat persuasif efektif, penghimpunan dokumentasi produk pelaku umkm, dan cara membuat akun/toko di tokopedia dan shopee.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adityo, Benito. 2011. Analisis Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online di Situs Kaskus. Skripsi. Program Sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro. Semarang.

Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan Kementerian Keuangan. 2021. Menuju Desa Mandiri dan Sejahtera: Dari Mana Dimulai? https://bppk.kemenkeu.go.id/balai-diklat-keuangan-makassar/artikel/ menuju-desa-mandiri-dan-sejahtera-dari-mana-dimulai-014554. Diakses tanggal 1 Februari 2023.

Diansyah, R., Syahril, Aryanto, Arribe, E., dan Winarso, D. 2017. Penguatan UMKM Melalui Pelatihan Blog. Jurnal Pengabdian Untuk Mu Negeri, 1(2): 1–7.

Febriyantoro, M. T. dan Arisandi, D. 2018. Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2): 61–76.

Hendriadi, Ade Andri., Sari, Betha Nurina., dan Padilah, Tesa Nur. 2019. Pelatihan Digital Marketing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Karawang. Jurnal Pengabdian Masyarakat J-DINAMIKA, 4 (2): 120-124.

Indrajit, Richardus Eko. 2006. Electronic Government : Strategi Pembangunan Sistem Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Digital. Andi. Yogyakarta.

Kotler, Philip dan Keller. 2007. Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua belas. PT. Indeks. Jakarta.

Mahedy, Kadek Sury. 2016. Pelatihan Pemanfaatan Media Online Sebagai Sarana Pemasaran Hasil Produksi Bagi Asosiasi Pengrajin Industri Kecil (Apik) Kabupaten Buleleng. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat 2016. UPT TIK Universitas Pendidikan Ganesha. Bali.

Park, C.H. dan Kim, Y.G. 2003. Identifying Key Factors Affecting Costumer Purchase Behavior in an Online Shoping Context. International Journal of Retail & Distribution Management , 31 (1): 16-29.

Pradiani, T. 2018. Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, 11(2): 46–53.

Purwana, D., Rahmi, R., dan Aditya, S. 2017. Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1): 1–17.

Sanjaya, Ridwan dan Tarigan, Josua. 2009. Creative Digital Marketing. PT Elex Media Komputindo. Jakarta.

Satyo, Fatwan. 2009. Intellectual Capital. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Published

2024-03-31

How to Cite

Firdasari, F., Seta, A. P., Marlina, L., Saleh, Y., & Endaryanto, T. (2024). DIGITALISASI PEMASARAN PRODUK LOKAL BERBASIS POTENSI DESA REJO AGUNG MELALUI SOCIAL MEDIA DAN E-COMMERCE. Jurnal Pengabdian Fakultas Pertanian Universitas Lampung, 3(1), 50–61. https://doi.org/10.23960/jpfp.v3i1.7962