PENDAMPINGAN DIGITAL MARKETING CV RAMAN FARM SEJAHTERA LAMPUNG TENGAH MELALUI KONTEN EDUKASI BISNIS PETERNAKAN

Diki Danar Tri Winanti, Maria Erna Kustyawati, Hadi Prayitno, Maulid Wahid Yusup, Ketut Oka Maharani, Asqiatul Hasanah

Abstract


Membuat video dengan konten edukasi peternakan menjadi salah satu cara yang paling efektif untuk promosi produk. Tim Pengabdian Universitas Lampung melakukan pendampingan kepada CV Raman Farm Sejahtera Lampung Tengah dalam pengembangan digital marketing sebagai sarana edukasi dan promosi. Salah satu subyeknya adalah owner perusahaan yang dapat menjadi role model bagi pemuda seusianya dan generasi di bawahnya bahwa bisnis peternakan sangat prospektif dan menguntungkan. Pengembangan digital marketing dilakukan melalui kana Youtube, Instagram, Tik Tok, dan website. Dampak dari sosial media yang sudah dibuat kemudian diukur menggunakan survey kepada responden dengan karakteristik usia dan perkerjaan yang berbeda secara acak. Hasil survey menunjukkan bahwa sarana digital marketing yang sudah dibuat sangat memotivasi responden untuk mencoba bisnis peternakan.

Keywords


Digital Marketing; Peternakan; Sosial Media; Website; Wirausaha Muda

References


Adhistian, P., Dahniar, T., Syahabuddin, A., Maulana, Y., dan Mairizal. 2020. Implementasi digital marketing dalam meningkatkan omset penjualan susu kambing etawa budidaya Pesantren Masyhad An-Nur Sukabumi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat – Aphelion. 1(1): 27-36.

Devi, N.T., dan Satwika, Y.W. 2022. Studi fenomenologi: dampak aplikasi Tiktok terhadap remaja akhir Shopee Affiliates. Jurnal Penelitian Psikologi. 9(6): 209-220

Hakim, L.N. 2020. Urgensi Revisi Undang-Undang tentang kesejahteraan lanjut usia. Jurnal Masalah-Masalah Sosial. 11(1):43-55.

Padapi, A.,Haryono, I., dan Rukmelia. 2022. Pemanfaatan sosial media sebagai media promosi produk agribisnis. Jurnal Sains dan Teknologi Industri Peternakan. 2(2): 30-36.

Rahmasari, L.F., Faturokhman, M., dan Kurniawan. 2022. Analisis kepuasan konsumen pada penerapan pemasaran digital untuk komoditas peternakan. Jurnal Sains Terapan : Wahana Informasi dan Alih Teknologi Pertanian. 12(1): 54 – 65.

Kurniawati, A.L. 2022. Pengaruh pesan soft selling skincare base terhadap minat beli produk (survei pada followers Instagram @itsmybase). Commercium. 5(2): 85 – 94.

Krisnawati, I., Ubaidi, I.A., Hanif, R., dan Reminta, L.B. 2019. Strategi digital marketing dalam perdagangan hasil tani untuk meningkatkan pendapatan Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini. 10(2): 70-75.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpfp.v3i2.9602

Refbacks

  • There are currently no refbacks.