Strategi Peningkatan Kesadaran dan Kepedulian Siswa terhadap Ekosistem Mangrove Melalui Kegiatan Lomba Menggambar Bibit Mangrove
DOI:
https://doi.org/10.23960/jpfp.v4i1.10156
Keywords:
Ekosistem, Konservasi, MangroveAbstract
Mangrove adalah tumbuhan yang habitatnya berada di air laut dan air payau. Ekosistem mangrove memiliki peran yang sangat krusial, oleh karena itu perlu sejak dini untuk mengenal ekosistem mangrove, khususnya siswa Sekolah Dasar dan Menengah Pertama. Tujuan dari kegiatan ini adalah mengenalkan ekosistem mangrove dan meningkatkan kreativitas siswa melalui kompetisi menggambar dan mewarnai mangrove. Melalui kompetisi ini, siswa terdorong untuk lebih kreatif dalam menuangkan ide-ide dan pengetahuan yang dimiliki. Siswa juga memiliki motivasi untuk melakukan aksi nyata sebagai bentuk keberlanjutan kesadaran dan kepedulian mereka terhadap ekosistem mangrove. Kegiatan ini bertempat di SD Negeri 1 Merak Belantung yang melibatkan 58 orang siswa dari SD Negeri 1 Merak Belantung dan SMP IKADI. Metode yang digunakan berupa ceramah dan diskusi yang dilanjutkan dengan perlombaan yang terdiri dari dua penilaian yaitu keindahan dan gradasi warna. Siswa yang memenangkan lomba masing-masing tingkat tediri dari juara 1-3 dan juara harapan 1-3. Juara-juara tersebut memiliki nilai 72,5-85 pada tingkat SD dan 81-84 pada tingkat SMP.Downloads
References
Asri, A. 2021. Penerapan media pembelajaran video dokumenter materi hutan mangrove pada mahasiswa program studi kimia UNCP. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran. 4(1): 229-236. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.532.
Hukubun, R. D., Rahman, R., Kaimudin, E., Diman, A., Pattiselanno, G., dan Hulopi, M. 2023. Sosialisasi pengenalan mangrove kepada siswa SD Negeri Rutong, Ambon-Maluku. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia. 2(2): 175-180. https://doi.org/10.55606/jpmi.v2i2.1998.
Kurnia, I., Sari, W. dan Wulandari, R. 2020. Analisis kemampuan kognitif dalam pembelajaran IPA SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI). 3(2): 145-152.
Lestari, I. dan Ilhami, A. 2022. Penerapan model project based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa SMP: systematic review. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA. 12(2): 135–144. https://doi.org/10.24929/lensa.v12i2.238.
Mamonto, A. A. N., Sari, L., Mamonto, S., Usulu, E. M., dan Tuhumurry, H. A. 2023. Kegiatan pengabdian masyarakat penaman mangrove di Ciberi. Jurnal Pengabdian Kolaborasi dan Inovasi IPTEKS. 1(5): 582-587.
Sinabang, I., Waruwu, K. D., Pauliana, G., Rahayu, W., dan Harefa, M. S. 2022. Analisis pemanfaatan keanekaragaman mangrove oleh masyarakat di Pesisir Pantai Mangrove Paluh Getah. J-CoSE: Journal of Community Service & Empowerment. 1(1): 10–21. https://doi.org/10.58536/j-cose.v1i1.7.
Sukanteri, N.P., Putra, I. G. N. P. Y. D. dan Arnawa, I. K. 2023. Proses pembibitan serta kelayakan finansial pembibitan mangrove oleh masyarakat dalam upaya pelestarian lingkungan pesisir. JIA (Jurnal Ilmiah Agribisnis) : Jurnal Agribisnis dan Ilmu Sosial Ekonomi Pertanian. 8(2): 104–110. https://doi.org/10.37149/jia.v8i2.426.
Taulake, D., S. M. Lakat, R. dam Sembel, A. (2019) ‘Analisis Preferensi Masyarakat dalam Pengelolaan Ekosistem Mangrove di Pesisir Pantai Kecamatan Loloda Kabupaten Halmahera Barat. Jurnal Spasial. 6(2): 531-540
Ummy Utami, P., Yelianti, U. dan Dwi Kartika, W. 2021. Pengembangan buku ilmiah populer keanekaragaman mangrove berbasis pembelajaran kontekstual pada materi keanekaragaman hayati di SMA. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. 10(2): 14-20.
Yamin, M., Ahmad, N. dan Suhartini, A. 2022. Konsep pendidikan berwawasan lingkungan dalam perspektif Islam. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan. 4(4): 5852–5862. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3513.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pengabdian (JPFP) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
the copyright holder is the author. Authors publishing under any license allowed by the journal retain all rights.