Peningkatan Keahlian Strategi Penyusunan Materi Media Sosial dalam Mempromosikan Wisata Hutan
DOI:
https://doi.org/10.23960/jpfp.v3i2.9320
Keywords:
Strategi, Promosi, Media sosial, Wisata HutanAbstract
Media sosial telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir dan digunakan sebagai alat komunikasi dan promosi. Promosi objek wisata dengan menggunakan media sosial merupakan salah satu strategi yang cukup efektif. industri pariwisata harus memahami penggunaan media sosial dengan baik sehingga dapat melakukan promosi secara tepat sasaran dan efektif. Oleh karena itu, dilakukan pelatihan penggunan media sosial sebagai media untuk promosi wisata hutan berbasis masyarakat lokal. Pelatihan dilakukan pada 16 Mei 2024 di Universitas Lampung. Melalui pelatihan ini, peserta melakukan praktik penyusunnan paket wisata, praktik mengedit video, dan menyusun skrip pada konten untuk menghasilkan konten yang menarik perhatian wisatawan.Downloads
References
Batolu, D.F. and Bustam, M.R. (2022) ‘Analisis Visual Dan Verbal Pada Unggahan Instagram World Health Organization (Who)’, MAHADAYA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya, 2(1), pp. 25–30. doi:10.34010/mhd.v2i1.5444.
Dewi, K., Angligan, I.G.K.H. and Mahardika, I.M.N.O. (2023) ‘Strategi Meningkatkan Peran Media Sosial Dalam Membranding Destinasi Wisata Sebagai Media Pemasaran’, Waisya : Jurnal Ekonomi Hindu, 2(1), pp. 1–11. doi:10.53977/jw.v2i1.923.
Fahrizandi, F. (2020) ‘Pemanfaatan Teknologi Informasi di Perpustakaan’, Tik Ilmeu : Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 4(1), p. 63. doi:10.29240/tik.v4i1.1160.
Falah, D. (2019) ‘Anlisis pemanfaatan Dan pengembangan Hutan Wisata Tawangmangu’, Jurnal Wana Tropika, 9(2), pp. 89–103.
Gebreel, O.S.S. and Shuayb, A. (2022) ‘Contribution of Social Media Platforms in Tourism Promotion’, International Journal of Social Science, Education, Communication and Economics (SINOMICS JOURNAL), 1(2), pp. 189–198. Available at: http://sinomicsjournal.com/index.php/SJ/article/view/19.
Idwin, D. and Herwanti, S. (2022) ‘Pengembangan Ekowisata Di Kawasan Hutan Provinsi Lampung’, Makila, 16(2), pp. 136–146. doi:10.30598/makila.v16i2.6835.
Nurjanah, N. (2018) ‘Pemanfaatan Media Sosial Masyarakat Sadar Wisata Dalam Mempromosikan Potensi Wisata Baru’, Medium, 6(2), pp. 39–50. doi:10.25299/medium.2018.vol6(2).2412.
Okonkwo, I. and Namkoisse, E. (2023) ‘The Role of Influencer Marketing in Building Authentic Brand Relationships Online’, Journal of Digital Marketing and Communication, 3(2), pp. 81–90. doi:10.53623/jdmc.v3i2.350.
Purnama, Siahaan, S. and Widiastuti, T. (2018) ‘Potensi Daya Tarik Wisata Alam Riam Sungai Manah Di Desa Sungai Muntik Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau’, Jurnal Hutan Lestari, 6(1), pp. 191–197.
Sundawa, Y.A. and Trigartanti, W. (2018) ‘Fenomena Content Creator di Era Digital’, Prosiding Hubungan Masyarakat, 4(2), pp. 1–6. Available at: https://www.youthmanual.com/profesi/media-dan-.
Taan, H. et al. (2021) ‘Social Media Marketing Untuk Meningkatkan Brand Image’, Journal of Management & Business, 4(1), pp. 315–330. doi:10.37531/sejaman.v4i1.1268.
Umikalsum, N.A. and Jupriani (2022) ‘Peranan Media Sosial Sebagai Alat Promosi Wisata Kota Padang’, Dekave, 12(4), pp. 427–440. doi:10.24036/dekave.v12i4.120214.
Utami, I.F. and Hapsari, W.W. (2023) ‘Penerapan Identitas Visual Perusahaan Pt. Bio Farma (Persero) Melalui Desain Grafis Pada Media Sosial Instagram’, VISWA DESIGN: Journal of Design, 3(2), pp. 122–133. doi:10.59997/vide.v3i2.1410.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pengabdian (JPFP) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
the copyright holder is the author. Authors publishing under any license allowed by the journal retain all rights.