Peningkatan Keahlian Strategi Penyusunan Materi Media Sosial dalam Mempromosikan Wisata Hutan

Penulis

  • Christine Wulandari Universitas Lampung
  • Nur Ahmad Fadli Universitas Lampung
  • Lutfi Nur Latifah
  • Fadela Yunika Sari Universitas Lampung http://orcid.org/0009-0003-4994-3341
  • Adella Putri Apriliani Universitas Lampung
  • Pitojo Budiono Universitas Lampung
  • Eny Puspasari Unit Pelaksana Teknis Daerah Taman Hutan Raya Wan Abdul Rachman
  • Rini Nurindarwati Unit Pelaksana Teknis Daerah Taman Hutan Raya Wan Abdul Rachman
  • Laviyanti Agustiana Unit Pelaksana Teknis Daerah Taman Hutan Raya Wan Abdul Rachman
  • Risqi Umarta Unit Pelaksana Teknis Daerah Taman Hutan Raya Wan Abdul Rachman

DOI:

https://doi.org/10.23960/jpfp.v3i2.9320
Abstrak View: 167

Kata Kunci:

Strategi, Promosi, Media sosial, Wisata Hutan

Abstrak

Media sosial telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir dan digunakan sebagai alat komunikasi dan promosi. Promosi objek wisata dengan menggunakan media sosial merupakan salah satu strategi yang cukup efektif. industri pariwisata harus memahami penggunaan media sosial dengan baik sehingga dapat melakukan promosi secara tepat sasaran dan efektif. Oleh karena itu, dilakukan pelatihan penggunan media sosial sebagai media untuk promosi wisata hutan berbasis masyarakat lokal. Pelatihan dilakukan pada 16 Mei 2024 di Universitas Lampung. Melalui pelatihan ini, peserta melakukan praktik penyusunnan paket wisata, praktik mengedit video, dan menyusun skrip pada konten untuk menghasilkan konten yang menarik perhatian wisatawan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Batolu, D.F. and Bustam, M.R. (2022) ‘Analisis Visual Dan Verbal Pada Unggahan Instagram World Health Organization (Who)’, MAHADAYA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya, 2(1), pp. 25–30. doi:10.34010/mhd.v2i1.5444.

Dewi, K., Angligan, I.G.K.H. and Mahardika, I.M.N.O. (2023) ‘Strategi Meningkatkan Peran Media Sosial Dalam Membranding Destinasi Wisata Sebagai Media Pemasaran’, Waisya : Jurnal Ekonomi Hindu, 2(1), pp. 1–11. doi:10.53977/jw.v2i1.923.

Fahrizandi, F. (2020) ‘Pemanfaatan Teknologi Informasi di Perpustakaan’, Tik Ilmeu : Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 4(1), p. 63. doi:10.29240/tik.v4i1.1160.

Falah, D. (2019) ‘Anlisis pemanfaatan Dan pengembangan Hutan Wisata Tawangmangu’, Jurnal Wana Tropika, 9(2), pp. 89–103.

Gebreel, O.S.S. and Shuayb, A. (2022) ‘Contribution of Social Media Platforms in Tourism Promotion’, International Journal of Social Science, Education, Communication and Economics (SINOMICS JOURNAL), 1(2), pp. 189–198. Available at: http://sinomicsjournal.com/index.php/SJ/article/view/19.

Idwin, D. and Herwanti, S. (2022) ‘Pengembangan Ekowisata Di Kawasan Hutan Provinsi Lampung’, Makila, 16(2), pp. 136–146. doi:10.30598/makila.v16i2.6835.

Nurjanah, N. (2018) ‘Pemanfaatan Media Sosial Masyarakat Sadar Wisata Dalam Mempromosikan Potensi Wisata Baru’, Medium, 6(2), pp. 39–50. doi:10.25299/medium.2018.vol6(2).2412.

Okonkwo, I. and Namkoisse, E. (2023) ‘The Role of Influencer Marketing in Building Authentic Brand Relationships Online’, Journal of Digital Marketing and Communication, 3(2), pp. 81–90. doi:10.53623/jdmc.v3i2.350.

Purnama, Siahaan, S. and Widiastuti, T. (2018) ‘Potensi Daya Tarik Wisata Alam Riam Sungai Manah Di Desa Sungai Muntik Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau’, Jurnal Hutan Lestari, 6(1), pp. 191–197.

Sundawa, Y.A. and Trigartanti, W. (2018) ‘Fenomena Content Creator di Era Digital’, Prosiding Hubungan Masyarakat, 4(2), pp. 1–6. Available at: https://www.youthmanual.com/profesi/media-dan-.

Taan, H. et al. (2021) ‘Social Media Marketing Untuk Meningkatkan Brand Image’, Journal of Management & Business, 4(1), pp. 315–330. doi:10.37531/sejaman.v4i1.1268.

Umikalsum, N.A. and Jupriani (2022) ‘Peranan Media Sosial Sebagai Alat Promosi Wisata Kota Padang’, Dekave, 12(4), pp. 427–440. doi:10.24036/dekave.v12i4.120214.

Utami, I.F. and Hapsari, W.W. (2023) ‘Penerapan Identitas Visual Perusahaan Pt. Bio Farma (Persero) Melalui Desain Grafis Pada Media Sosial Instagram’, VISWA DESIGN: Journal of Design, 3(2), pp. 122–133. doi:10.59997/vide.v3i2.1410.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-09-30

Cara Mengutip

Wulandari, C., Fadli, N. A., Latifah, L. N., Sari, F. Y., Apriliani, A. P., Budiono, P., Puspasari, E., Nurindarwati, R., Agustiana, L., & Umarta, R. (2024). Peningkatan Keahlian Strategi Penyusunan Materi Media Sosial dalam Mempromosikan Wisata Hutan. Jurnal Pengabdian Fakultas Pertanian Universitas Lampung, 3(2), 104–112. https://doi.org/10.23960/jpfp.v3i2.9320