Optimalisasi Digital Marketing Melalui Aplikasi Digital: Usaha UMKM Olahan Laut dan Wisata Mangrove Desa Sidodadi, Pesawaran
DOI:
https://doi.org/10.23960/jpfp.v4i2.12225
Abstract View: 2
Abstract
Digital marketing sudah lama digunakan oleh banyak pihak terutama pada perusahaan besar. Web dan Ads merupakan hal yang sering digunakan perusahaan untuk memuat product content. Akan tetapi media sosial hanya dimiliki oleh produsen sendiri. Sehingga konsep pemasaran baru yang berbasis digital dapat dimanfaatkan oleh pelaku bisnis rumahan atau UMKM perekonomian Indonesi. Tujuan dari diadakannya kegiatan ini yaitu untuk mengembangkan pemasaran digital (digital marketing) melalui pelatihan penggunaan aplikasi digital Canva dan Capcut dalam mempromosikan usaha Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Olahan Ikan dan wisata mangrove yang berada di Desa Sidodadi, Kabupaten Pesawaran. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu, melalui kegiatan pelatihan penggunaan aplikasi digital Canva dan Capcut dengan tema “Pengaplikasian Aplikasi CANVA dan CAPCUT Dalam Digital Marketing”. Hasil dari kegiatan ini bahwa pengabdian masyarakat ini telah memberikan peningkatan pengetahuan dan keterampilan digital yaitu dengan mengubah cara berpikir pelaku UMKM dari konvensional ke digital, membekali peserta dengan kemampuan praktis dalam pemasaran online dan memberikan dampak nyata pada peningkatan promosi, penjualan, dan daya saing produk lokal Desa Sidodadi. Dengan keterampilan digital yang lebih baik, masyarakat kini lebih mandiri dalam memasarkan produk dan mengelola potensi wisata secara berkelanjutan berbasis teknologi
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Nur, Purba Sanjaya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Pengabdian (JPFP) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
the copyright holder is the author. Authors publishing under any license allowed by the journal retain all rights.


