PENGEMBANGAN DESAIN KEMASAN DAN STRATEGI PEMASARAN E-COMMERCE PADA PRODUK BROWN SUGAR SAWIT DI KAMPUNG TIMBUL REJO LAMPUNG TENGAH

Penulis

  • Puspita Yuliandari
  • Erdi Suroso
  • Lathifa Indraningtyas Universitas Lampung
  • Pramita Sari Anungputri

DOI:

https://doi.org/10.23960/jpfp.v1i2.6246
Abstrak View: 506

Kata Kunci:

brown sugar, kemasan, label, e-commerce,

Abstrak

Pengabdian Kepada Masyarakat Diseminasi Hasil Riset Tahun 2022 bekerja sama dengan KWT Mawar di Desa Timbul Rejo, BangunRejo,KabupatenLampungTengah,ProvinsiLampung berupaya melakukan pemanfaatkan limbahbatangsawitmenjadiprodukolahanpanganyaitu brown sugar sawit. Permasalahan mitra dalam memproduksi brown sugar sawit. adalah penggunaan kemasan yang masih sederhana serta pemasaran yang masih terbatas. Tujuandariprogramdiseminasihasilrisetadalah: (1)Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan KWT Mawar dalam melakukanpengembangandesainkemasanbrownsugarsawit.;(2)MeningkatkanpengetahuandanketerampilanKWTMawardalammelakukanpengembanganstrategi pemasaran melalui e-commerce pada produk brown sugar sawit. Pelaksanaan pengabdian dilakukan bersama dengan KWT Mawar sebanyak 15 orang dengan tahapan persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan. Pelaksanaan kegiatan terdiri dari sosialisasi, pendampingan, dan praktik langsung/demonstrasi. Evaluasi dilakukan dengan membandingkan nilai pre test dan post test. Hasil yang diperoleh yaitu peningkatan pemahaman dan keterampilan KWT Mawar dalam mengembangkan desain kemasan standing pouch window dan botol plastik serta dilengkapi dengan informasi label kemasan. KWT Mawar juga memperoleh ilmu dan keterampilan dalam memasarkan melalui e-commerce yaitu melalui akun instagram dan shopee. Kegiatan ini lebih lanjut diharapkan dapat diaplikasikan dalam mengembangkan kemasan produk dan memasarkan produk lebih baik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Kurniawan, H., Ansar, Yuniarto, K., Khalil, F.I. 2018. Introduksi Teknologi Pengemasan Gula Aren di Desa Kekait Kabupaten Lombok Barat. Widyabhakti Jurnal Ilmiah Populer, 1 (1), 118-123.

M. Suyanto. 2003. Strategi Periklanan pada e-Commerce Perusahaan Top Dunia, Andi, Yogyakarta.

Widyasari, R., Yeni S., dan Hary K. 2019. Peningkatan Kualitas Produk dan Kemasan Gula Cetak dan Gula Semut. Widyabhakti Jurnal Ilmiah Populer, 2 (1), 77-85.

Zuliana, C.. 2016. Pembuatan Gula Semut Kelapa (Kajian pH Gula Kelapa dan Konsentrasi Natrium Bikarbonat). Jurnal Pangan dan Agroindustri. Jurusan Teknologi Hasil Pertanian. FTP Universitas Brawijaya. Malang. Vol : 4 (1): 109- 119.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-09-22

Cara Mengutip

Yuliandari, P., Suroso, E., Indraningtyas, L., & Anungputri, P. S. (2022). PENGEMBANGAN DESAIN KEMASAN DAN STRATEGI PEMASARAN E-COMMERCE PADA PRODUK BROWN SUGAR SAWIT DI KAMPUNG TIMBUL REJO LAMPUNG TENGAH. Jurnal Pengabdian Fakultas Pertanian Universitas Lampung, 1(2), 231–240. https://doi.org/10.23960/jpfp.v1i2.6246