Penerapan Sapta Pesona Objek Wisata Pantai Mutiara Baru, Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung

Annisa Maretya Ningrum, Sugeng P Harianto, Gunardi Djoko Winarno

Abstract


Sapta Pesona menjadi indikator sehingga dapat berpengaruh terhadap tingkat kunjungan pengunjung pada suatu destinasi wisata. Sapta Pesona juga dapat memberikan dampak langsung untuk mensejahterakan masyarakat yang mencangkup pemangku kepentingan pariwisata pada tempat wisata yang berpotensi menarik wisatawan dan menjadi aset kehidupan masyarakat. Tujuan penelitian sapta pesona di Pantai Mutiara Baru yaitu untuk mengetahui implementasi program Sapta Pesona di objek wisata Pantai Mutiara Baru yang sudah diterapkan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi serta dokumentasi. Data dikumpulkan dengan penyebaran kuisioner dan wawancara kepada pengunjung dengan teknik Simple Random Sampling. Pengumpulan data tersebut meliputi persepsi wisatawan tentang penerapan program Sapta Pesona di Pantai Mutiara Baru. Hasil wawancara menunjukkan bahwa persepsi pengunjung terhadap aspek keamanan menunjukkan skor tertinggi pada P1 yaitu 4.03. Hasil penilaian wisatawan terhadap aspek ketertiban mencapai skor tertinggi sebesar 4.18 pada bagian P4. Hasil penilaian wisatawan terhadap aspek kebersihan di Objek Wisata Pantai Mutiara Baru menunjukkan hasil yang positif dan sesuai dengan kondisi di lapangan dengan skor tertinggi pada P2 yaitu 4.09. Penilaian wisatawan terhadap aspek kesejukan memiliki skor tertinggi pada P2 yaitu 4. hasil penilaian dari para pengunjung, aspek keindahan yang paling tinggi menurut wisatawan adalah P4 dengan nilai 3.97. Data menunjukkan bahwa P2 memiliki skor yang lebih tinggi daripada pada aspek keramahan dengan skor 4.12. Penilaian wisatawan terhadap aspek kenangan dengan skor tertinggi pada P3 yaiti 3.8. Penerapan Sapta Pesona di Pantai Mutiara Baru meliputi keamanan, ketertiban, kebersihan, kesejukan, keindahan, keramahan, dan kenangan yang seluruhnya sudah diterapkan dan mendapat nilai baik dari wisatawan.


Full Text:

PDF

References


Asialiantin, I. G. A. A. F., dan Tripalupi, L. E. 2022. Persepsi wisatawan terhadap objek Wisata Pemandian Air Panas Angseri Kabupaten Tabanan. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi. 10(1): 65-71.

Datukramat, H. P., Kumurur, V. A., dan Sela, R. L. E. 2017. Faktor-faktor penyebab tidak terkelolanya objek wisata Pantai Batu Pinagut Bolaang Mongondow Utara. Spasial: Perencanaan Wilayah dan Kota. 4(1): 1-12.

Febrianingrum, S. R., Miladan, N., dan Mukaromah, H. 2019. Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan pariwisata pantai di Kabupaten Purworejo. Desa-Kota: Jurnal Perencanaan Wilayah, Kota, dan Permukiman. 1(2): 130-142.

Hadi, W., dan Widyaningsih, H. 2020. Implementasi penerapan Sapta Pesona wisata terhadap kunjungan wisatawan di Desa Sambirejo Kecamatan Prambanan Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Khasanah Ilmu-Jurnal Pariwisata Dan Budaya. 11(2): 127-136.

Hermawan, H. 2017. Pengaruh daya tarik wisata, keselamatan dan sarana wisata terhadap kepuasan serta dampaknya terhadap loyalitas wisatawan. Jurnal Media Wisata.15(1): 562-577.

Kanom, K., Darmawan, R. N., dan Nurhalimah, N. 2020. Sosialisasi penerapan Sapta Pesona dalam perencanaan dan pengembangan destinasi pariwisata berkelanjutan di Lider Desa Sumberarum Kecamatan Songgon Kabupaten Banyuwangi. Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2(1): 24-32.

Marcelina, D., Febryano, I. G., Setiawan, A., dan Yuwono, S. B. 2018. Persepsi wisatawan terhadap fasilitas wisata di pusat latihan gajah Taman Nasional Way Kambas. Jurnal Belantara. 1(2):45-53.

Mintardjo, B.H. 2022. Implementasi Sapta Pesona di Taman Balekambang Surakarta. Nawasena: Jurnal Ilmiah Pariwisata, 1(2):01-11.

Muhammad, A., Hakim, L., dan Fatmawati, F. 2021. Strategi pengembangan Pariwisata Malino di Kabupaten Gowa. Kajian Ilmiah Mahasiswa Administrasi Publik (KIMAP). 2(5): 1548-1562.

Munandar dan Kusumawati, I. 2017. Studi analisis faktor penyebab dan penanganan abrasi pantai di wilayah pesisir Aceh Barat. Jurnal Perikanan Tropis. 4(1): 47-56.

Mustain. 2019. Aksi bersih sampah di Pantai Kejawanan Cirebon dalam membangun masyarakat sadar sampah. Abdimas, Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. 2(2): 140-147.

Ningsih, S. R., Hartama, D., Wanto, A., Parlina, I., dan Solikhun, S. 2019. Penerapan sistem pendukung keputusan pada pemilihan objek wisata di simalungun. In. Seminar Nasional Teknologi Komputer dan Sains (SAINTEKS). 1(1): 731-735

Purnama, R. 2020. Manajemen pengelolaan objek Wisata Situ Leutik oleh Pemerintah Kota Banjar Di Desa Cibeureum Kecamatan Banjar Kota Banjar. JIPE: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan. 4(2): 129-135.

Putri, S.A.T., Suastika, M. dan Samsudi. 2020. Penerapan konsep Sapta Pesona pada pengembangan Taman Budaya Jawa Tengah sebagai destinasi wisata di Surakarta. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Arsitektur, 3(1): 210-219.

Rachmawati, I., Iriani, D., Mutohari, A. S., Solihah, Y. A., dan Parman, S. 2022. Seminar makna keindahan dalam visual karya fotografi seni pada pameran seni rupa kuningan Biennale Niaga. Jurnal Pengabdian UCIC. 1(1): 36-44.

Rahmawati, S.W., Sunarti, Hakim, L. 2017. Penerapan Sapta Pesona pada desa wisata (analisis persepsi wisatawan atas layanan penyedia jasa di Kampung Wisata Kungkuk, Desa Punten, Kota Batu). Jurnal Administrasi Bisnis. 5(2): 195-202.

Riawan, A., dan Indraphrasta, D. E. A. 2017. The role of Sapta Pesona wisata in increasing the revenue of tourism industry entrepreneurs at the South Bantul Beaches. Khasanah Ilmu-Jurnal Pariwisata Dan Budaya. 8(2): 39-44.

Rif'an, A. A. 2018. Daya tarik wisata Pantai Wediombo sebagai alternatif wisata bahari di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Geografi. 10(1): 63-73.

Saputri, Y. 2016. Penerapan program Sapta Pesona pada objek Wisata Taman Panorama Bukittinggi. IOSR Journal of Economics and Finance. 3(1): 56.

Satriawan, A., Abdillah, Y., dan Pangestuti, E. 2022. Analisis Destination Image 72 terhadap revisit Intention melalui Satisfaction dan Place Attachment: Literature Review. Profit: Jurnal Administrasi Bisnis. 16(1):146-157.

Setiawati, R., Aji, P. S. T. 2023. Implementasi Sapta Pesona sebagai upaya dalam memberikan pelayanan prima pada wisatawan di desa wisata pentingsari. Jurnal Administrasi Bisnis Terapan (JABT). 2(2): 128-130.

Siallagan, D. Y. 2020. Peran pemerintah dalam pengembangan Teluk Berdiri sebagai objek ekowisata di Kabupaten Kuburaya Kalimantan Barat. Edutourism Journal of Tourism Research. 2(2): 90-99.

Sihite, R. Y., Setiawan, A., Dewi, B.S. 2018. Potensi obyek wisata alam prioritas di wilayah kerja KPH Unit XIII Gunung Rajabasa, Way Pisang, Batu Serampok, Provinsi Lampung. Jurnal Sylva Lestari. 6(2): 84-93.

Sudarwan, W. E., Zahra, S., dan Tabrani, M. B. 2021. Fasilitas, aksesibilitas dan daya tarik wisata pengaruhnya terhadap kepuasan wisatawan Pantai Sawarna Kabupaten Lebak. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan. 1(1): 284-294.

Suhri, I., dan Manvi, K. I. 2022. Tinjauan tentang Sapta Pesona di daya tarik Wisata Cagar Alam Rimbo Panti Kabupaten Pasaman. Jurnal Pendidikan Tambusai. 6 (1): 2276-2288.

Taning, N. P., Masyhudi, L., Hulfa, I., Idrus, S., dan Martayadi, U. 2022. Pengaruh fasilitas wisata terhadap kepuasan wisatawan pada destinasi Wisata Alam Aik Nyet Desa Buwun Sejati. Journal of Responsible Tourism. 2(2): 379-392.

Tunjungsari, K.R. 2018. Karakteristik dan persepsi wisatawan mancanegara di Kawasan Sanur dan Canggu, Bali. Jurnal Pariwisata Terapan. 2(2):108- 121.

Wirajuna, B., dan Supriadi, B. 2017. Peranan kelompok sadar wisata untuk meningkatkan keamanan wisatawan: studi kasus di Jerowaru Nusa Tenggara Barat. Jurnal Pariwisata Pesona. 2(2): 1-15.

Yasa, D. P. 2019. Travel fotografi dalam perkembangan pariwisata Bali. Senada: Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi. Vol. 2: 203-208.

Yustinaningrum, D. 2017. Pengembangan wisata bahari di Taman Wisata Perairan Pulau Pieh dan laut sekitarnya. Agrika. 11(1): 96-111

Suryani, A. I. 2017. Strategi pengembangan pariwisata lokal. Jurnal Spasial: Penelitian, Terapan Ilmu Geografi, dan Pendidikan Geografi. 3(1): 34-42.

Ilham, M. 2023. Tinjauan hukum islam terhadap implementasi peraturan daerah Kabupaten Pesisir Barat nomor 07 tahun 2018 tentang ketertiban wisata (Studi di Dinas Pariwisata Kabupaten Pesisir Barat). (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Renaldi, A. 2021. Peran Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan dalam pelayanan kebersihan di objek wisata Pantai Pangandaran Kabupaten Pangandaran. Universitas Galuh. Ciamis.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jopfe.v4i1.8433

Refbacks

  • There are currently no refbacks.