Strategi Pemasaran Kopi Bubuk Anjosia (Studi Kasus di Anjosia Coffee, Kecamatan Kemiling, Kota Bandar Lampung)

Authors

  • Emerson Suta Wijaya
  • Harun Al Rasyid
  • Wisnu Satyajaya
  • Tanto Pratondo Utomo
  • Muhammad Nur

DOI:

https://doi.org/10.23960/jab.v4i1.10850
Abstract View: 145

Abstract

Anjosia Coffee merupakan UMKM yang bergerak di industri pengolahan kopi, yang berlokasi di Kecamatan Kemiling, Kota Bandar Lampung. Anjosia Coffee pada saat ini menghadapi tantangan yaitu harga bahan baku biji kopi yang sangat tinggi serta tantangan pemasaran seperti penjualan yang tidak stabil dan promosi yang belum optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal, serta merumuskan strategi pemasaran kopi bubuk Anjosia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan analisis IFAS, EFAS, SWOT, Grand Strategy, dan QSPM. Berdasarkan hasil analisis IFAS dan EFAS, masing masing analisis medapatkan nilai yaitu 1,56 dan 1,65 sehingga dapat diketahui posisi dalam analisis berada pada kuadran I. Strategi yang harus diterapkan dalam posisi ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (growth oriented strategy) dan menghasilkan 6 alternatif strategi pemasaran. Hasil Analisis QSPM didapatkan prioritas strategi pemasaran kopi bubuk Anjosia yaitu membuat website untuk memungkinkan pelanggan memesan produk dan mendapatkan informasi produk secara mudah dengan nilai TAS sebesar 14,30.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-23

How to Cite

Wijaya, E. S., Al Rasyid, H., Satyajaya, W., Utomo, T. P., & Nur, M. (2025). Strategi Pemasaran Kopi Bubuk Anjosia (Studi Kasus di Anjosia Coffee, Kecamatan Kemiling, Kota Bandar Lampung). Jurnal Agroindustri Berkelanjutan, 4(1), 147–155. https://doi.org/10.23960/jab.v4i1.10850

Issue

Section

Articles