STRATEGI PEMASARAN USAHA DIMSUM (STUDI KASUS DI DIMSUM MORESTO BANDAR LAMPUNG)

Authors

  • Arinda Novela Putri
  • Erdi Suroso
  • Puspita Yuliandari
  • Tanto Pratondo Utomo
  • Muhammad Nur

DOI:

https://doi.org/10.23960/jab.v1i2.6360
Abstract View: 2527

Abstract

Dimsum Moresto merupakan salah satu usaha kuliner yang perlu menetapkan strategi pemasaran yang tepat agar dapat bersaing unggul. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang terdapat pada Usaha Dimsum Moresto; 2) menyusun alternatif strategi pemasaran Usaha Dimsum Moresto dengan metode SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat). Metode yang digunakan adalah analisis SWOT. Tahapan penelitian yang dilakukan yaitu mengidentifikasi faktor internal dan eksternal, menganalisis matriks IFE (Internal Factor Evaluation) dan EFE (External Factor Evaluation), menentukan matriks posisi, dan matriks SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang menjadi kekuatan utama yaitu kualitas dan rasa yang baik, kelemahan utama yaitu kegiatan promosi yang belum optimal, peluang utama yaitu ketertarikan masyarakat terhadap dimsum semakin banyak, dan ancaman utama yaitu pesaing yang lebih inovatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa startegi pemasaran yang tepat untuk diterapkan oleh Usaha Dimsum Moresto yaitu strategi SO (Strength-Opportunity). Alternatif strategi yang dapat digunakan yaitu 1) meningkatkan kualitas produk dimsum; 2) memperluas sistem waralaba khususnya keluar Lampung; 3) meningkatkan intensitas promo menarik melalui aplikasi delivery online.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Pusat Statistik, 2021. Kota Bandar Lampung Dalam Angka 2021. BPS. Bandar Lampung.

Hardani., Andriani, H., Ustiawaty, J., Istiqomah, R. R., Fardani, R. A., Sukmana, D. J., Auliya, N. H., 2020. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu Group. Yogyakarta. 535 hlm.

Kotler dan Amstrong, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid 1, Edisi ke 12. Erlangga. Jakarta. 440 hlm.

Meiliani, M., Indriani, Y., Abidin, Z., 2020. Identifikasi Atribut Pelayanan dan Tingkat Kepuasan Konsumen Rumah Makan Bakso di Lingkungan Universitas Lampung. Jurnal Ilmu Ilmu Agribisnis 7(2), 172-178.

Nurbayan, N., Juliansyah, H., 2018. Pengaruh Pendapatan Perkapita, PDRB dan Jumlah Penduduk Terhadap Tingkat Konsumsi Masyarakat Aceh Tamiang Tahun 2003-2016. Ekonomika Indonesia 7(2), 45-51.

Purbasani, G. B., Suwarna, S., Yusuf, M., Unwanullah, A., 2021. Strategi Pemasaran Home Industri Makanan Ringan (Studi Kasus Keripik Gerus Desa Prunggahan Wetan Kec. Semanding Kab. Tuban). Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen, Kewirausahaan dan Koperasi 2(1), 30-36.

Rangkuti, F., 2015. Analsis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Sari, T, P., Susanti, E, D., 2021. Analisis Strategi Bersaing Dalam Persaingan Usaha di Bidang Kuliner Ayam Geprek (Studi Kasus Pada Rumah Makan Mie Setan dan Ayam Geprek Jumbo Waru Sidoarjo). Jurnal Revolusi Indonesia 1(5), 441-452.

Tambunan, W., Sukmono, Y., Anggreani, L. O., 2021. Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan dan Daya Saing. Jurnal Optimalisasi 7(1), 48-59.

Downloads

Published

2022-09-28

How to Cite

Putri, A. N., Suroso, E., Yuliandari, P., Utomo, T. P., & Nur, M. (2022). STRATEGI PEMASARAN USAHA DIMSUM (STUDI KASUS DI DIMSUM MORESTO BANDAR LAMPUNG). Jurnal Agroindustri Berkelanjutan, 1(2), 236–244. https://doi.org/10.23960/jab.v1i2.6360

Issue

Section

Articles