PERANCANGAN WEBSITE E-COMMERCE MELTE VANANA

Authors

  • Dzakiya Ulfa
  • Tanto Pratondo Utomo
  • Susilawati Susilawati
  • Fibra Nurainy

DOI:

https://doi.org/10.23960/jab.v2i1.7062
Abstract View: 255

Abstract

Berlimpahnya buah pisang di Lampung dapat dimanfaatkan menjadi berbagai macam produk olahan.  Kondisi tersebut menjadikan UMKM di bidang industri pengolahan semakin banyak. Namun, mereka belum masif dan optimal dalam melakukan penjualan, salah satunya Melte Vanana.  Penyebab kurang optimalnya penjualan yaitu pelaku usaha belum memanfaatkan internet sebagai bentuk promosi dan penjualan produk. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilakan rancangan model web E-commerce keripik pisang lapis lumer Melte Vanana untuk mencapai pemasaran yang maksimal agar produk keripik pisang lapis lumer Melte Vanana dapat menjangkau seluruh pelosok dunia.  Metode yang digunakan pada pembuatan website e-commerce Melte Vanana adalah metode waterfall.  Metode waterfall terdiri dari beberapa tahapan yaitu analisis, desain dan implementasi.  Survei pada penelitian ini dilakukan terhadap 90 orang untuk mengetahui respon penggunaan pembuatan website e-commerce Melte Vanana.  Penentuan jumlah sampel dilakukan menggunakan formula Slovin, sedangkan penyusunan kuesioner menggunakan pertanyaan dengan skala Guttman.  Hasil dari penelitian ini berupa website yang telah dapat diakses oleh pengguna baik Melte Vanana maupun masyarakat umum sebagai konsumen. Berdasarkan penilaian yang dilakukan masyarakat mengenai situs e-commerce, 83,33% responden menyatakan bahwa website telah menyediakan Informasi yang dibutuhkan.  Sebanyak 96,67% responden menyatakan bahwa tampilan sudah baik dan mudah dibaca, dan sebanyak 60% responden menyatakan akan melakukan transaksi dengan menggunakan situs ini.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arumsari, N. dan Mia, A. N., 2017. Analisis Kinerja Bank Badan Usaha Milik Negara Berdasar Metode Altman Dan Return Saham (Studi pada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.). Prosiding SNATI F ISBN: 978-602-1180-50-1.

Badan Pusat Statistik. 2019. Statistik Tanaman Buah-Buahan 2019. Jakarta: Subdirektorat Statistik Hortikultura.

Badan Pusat Statistik Lampung. 2019. Potensi Usaha Mikro Kecil Provinsi Lampung Sensus Ekonomi 2016. Badan Pusat Statistik Provinsi Lampung. Bandar Lampung.

Cahyana, Y., Marta, H., dan Kurniati, D., 2019. Introduksi Produk Olahan Berbasis Pisang Pada Unit Usaha Pengolahan Pangan Di Desa Cileunyi Kulon Kabupaten Bandung. Dharmakarya. Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat 8(3), 194-199.

Firliana, R., Rhohman, F., dan Purwinanto, R. W., 2018. Perancangan Sistem Informasi Absensi Dosen Dengan Validasi Mahasiswa Berbasis Web. Jurnal Sains dan Informatika 4(2), 105–111.

Li, H., dan Hong, J. 2013. Factors Influencing Consumers’ Online Repurchasing Behavior: A Review And Research Agenda. Ibusiness 5(4), 161-166.

Pranatawijaya, V. H., Widiatry, Priskila, R., Putra, P.B.A. A., 2019. Pengembangan Aplikasi Kuisioner Survey Berbasis Web Menggunakan Skala Likert Dan Guttman. Jurnal Sains dan Informatika 5(2): 128–137.

Sholiq, Yunita, C., Astuti, H. M., Susanto, T. D., Herdianti, A., Ghozali, K., 2018. Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Website E-commerce untuk Produk Kerajinan Tangan UMKM Nena Namo. Jurnal SMATIKA 8(2), 80-95.

Sukamdani, N. B., 2018. Perancangan Strategi E-Commerce Berbasis Website Untuk Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus “Songket kito” Kain Khas Palembang). Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan 7(1), 77-86.

Downloads

Published

2023-03-27

How to Cite

Ulfa, D., Utomo, T. P., Susilawati, S., & Nurainy, F. (2023). PERANCANGAN WEBSITE E-COMMERCE MELTE VANANA. Jurnal Agroindustri Berkelanjutan, 2(1), 23–30. https://doi.org/10.23960/jab.v2i1.7062