PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PENGEMBANGAN PRODUK CAMILAN KOPI

Authors

  • Hanifa Warda
  • Otik Nawansih
  • Neti Yuliana
  • Samsu Udayana Nurdin

DOI:

https://doi.org/10.23960/jab.v2i1.7136
Abstract View: 904

Abstract

Camilan kopi terbuat dari biji kopi asli yang disangrai dan disalut dengan sirup gula aren. Penggunaan biji kopi yang diolah langsung menjadi camilan membuat produk ini masih perlu dilakukan pengembangan agar dapat lebih diterima konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atribut-atribut produk camilan kopi yang dianggap penting dalam pengembangan produk, membuat produk pengembangan guna memperbaiki produk sebelumnya, serta mengetahui preferensi konsumen terhadap camilan kopi. Tahapan dalam penelitian ini yaitu dengan penyiapan kuisioner, uji validitas dan reliabilitas, formulasi produk pengembangan, serta uji kesukaan. Kuisioner dilakukan kepada 30 responden pada survei pendahuluan dan 100 responden pada survei uji kesukaan. Analisis data menggunakan metode importance performance analysis (IPA) dan model sikap fishbein. Hasil survei pendahuluan menunjukkan bahwa kinerja atribut camilan kopi yang masuk ke dalam kuadran I (prioritas utama) adalah tekstur/kerenyahan, mouthfeel, kemudahan untuk ditelan, dan aftertaste. Kuadran II (pertahankan prestasi) yaitu atribut aroma kopi. Kuadran III (prioritas rendah) yaitu rasa pahit kopi. Kuadran IV (berlebihan) yaitu rasa manis gula aren dan aroma gula aren. Formulasi produk pengembangan dilakukan dengan memodifikasi penggunaan biji kopi menjadi ekstrak kopi yang disalut dengan kacang sangrai dan sirup gula aren. Berdasarkan preferensi konsumen melalui uji kesukaan, responden lebih menyukai produk pengembangan camilan kopi dibandingkan dengan camilan kopi yang sudah ada sebelumnya dengan nilai sikap (Ao) sebesar 16,31 yaitu positif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustine, P., Damayanti, R. P., dan Putri, N. A., 2021. Karakteristik Ekstrak Kafein Pada Beberapa Varietas Kopi di Indonesia. Jurnal Ilmiah Teknologi dan Industri Pangan 6(1), 78-89.

Arios, A. L., 2019. Strategi Pengembangan Daya Saing Produksi KopilLampung. Majalah Teknologi Agro Industri 11(1), 14-17.

Astuti, Purwaning, I. dan Ayuningtyas, F. J., 2018. Pengaruh Ekspor dan Impor Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. Jurnal Ekonomi & Studi Pembangunan 19(1), 1-10.

Gupta, P., 2007. Bussiness Innovation In The 21st Century. Dipak Jain, Dean Kellog School Of Management. South Carolina (US), 406.

Husniati, Sari, M. Y., dan Sari, A., 2020. Kajian : Karakterisasi Senyawa Aktif Asam Klorogenat Dalam Kopi Robusta Sebagai Antioksidan. Majalah Teknologi Agroindustri 12 (2), 34-39.

Manoppo, S., 2012. Studi Pembuatan Crakers Dengan Sukun (Artocarpus Communis) Pragelatinisasi. [Thesis]. Universitas Hassanudin. Makassar.

Mulato dan Suharyanto, 2012. Kopi, Seduhan, dan Kesehatan. Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia Referensi. Jember

Pangabean, E., 2011. Mengeruk Untung dari Bisnis Kopi Luwak. Jakarta. PT. Agro Media Pustaka, 98.

Rahardjo, S. T., Yuliantiningsih. 2016. Analisi Citra Merek, Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Diponegoro Journal Of Management 5(3), 1-11.

Sari, K., dan Yohana, W., 2015. Tekstur Makanan: Sebuah Bagian dari Food Properties yang Terlupakan dalam Memelihara Kognisi. Makassar Dent Journal 4(6), 184-189.

Setiawan, Y., 2020. Analisis Fisikokimia Gula Aren Cair. Agroscience 10 (1), 69- 78.

Setyaningsih, D., Apriyantono, A., dan Sari, M. P., 2010. Analisis Sensori untuk Industri Pangan dan Agro. IPB Press. Bogor.

Setyosari, P., 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Kencana. Jakarta.

Siagian, G. 2016. Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Bandeng Duri Lunak di Toko Bandeng Juwana Kota Semarang. [Thesis]. Universitas Diponogoro. Semarang.

Sumarwan, U. 2014. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Ghalia Indonesia. Jakarta.

Surjani, Wonohardjo, S., Yuniawati, N., Molo, P.D.A., Rusdi, O.H. dan Purnomo, H., 2019. Different Chemical Compound Profiles of Indonesian Coffee Beans as Studied Chromatography / Mass Spectrofotometry. IOP Conf. Ser : Earth Environ Sci, 276.

Wahyudi, T., T.R, Pangabean., dan Pujianto, 2008. Panduan Lengkap Kakao Manajemen Agribisnis Dari Hulu Hingga Hilir. Penebar Swadaya. Jakarta.

Downloads

Published

2023-03-27

How to Cite

Warda, H., Nawansih, O., Yuliana, N., & Nurdin, S. U. (2023). PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PENGEMBANGAN PRODUK CAMILAN KOPI. Jurnal Agroindustri Berkelanjutan, 2(1), 64–74. https://doi.org/10.23960/jab.v2i1.7136