ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PEMPEK CEMOT KABUPATEN LAHAT

Authors

  • Kartini Permatasari
  • Fibra Nurainy
  • Tanto Pratondo Utomo
  • Erdi Suroso

DOI:

https://doi.org/10.23960/jab.v2i1.7188
Abstract View: 630

Abstract

Cemot merupakan Industri Rumah Tangga yang mengolah makanan khas Palembang yaitu Pempek. Hasil observasi yang dilakukan di Industri Rumah Tangga Cemot terdapat beberapa masalah yang menyebabkan penurunan jumlah penjualan produk pempek. Penelitian bertujuan untuk mengidentifikasi faktor lingkungan internal dan eksternal yang mempengaruhi strategi pemasaran di Industri Rumah Tangga Cemot dan menentukan alternatif dan prioritas strategi pemasaran Industri Rumah Tangga Cemot. Data dianalisis menggunakan matriks Internal-External (IE), matriks Strenght, Weakness, Opportunity dan Threat (SWOT) dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Berdasarkan hasil analisis matriks IFE diperoleh total skor sebesar 3,39, sedangkan hasil analisis matriks EFE diperoleh total skor sebesar 3,23 sehingga pada matriks IE menempatkan perusahaan berada pada posisi sel I yang menunjukkan bahwa strategi yang dapat diterapkan yaitu penetrasi pasar, pengembangan pasar dan pengembangan produk. Berdasarkan hasil analisis matriks SWOT, alternatif strategi yang didapatkan yaitu mempertahankan serta meningkatkan kualitas dan cita rasa khas untuk memberikan kepercayaan terhadap konsumen; melakukan kegiatan promosi secara efisien untuk memperluas target pasar dan meningkatkan jumlah penjualan; mengembangkan variasi dan inovasi produk serta mempertahankan harga produk; dan mempertahankan hubungan baik dengan konsumen. Strategi pemasaran yang diprioritaskan berdasarkan matriks QSPM adalah mempertahankan serta meningkatkan kualitas dan cita rasa khas untuk memberikan kepercayaan terhadap konsumen dengan nilai Total Attractive Score sebesar 6,18.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Pusat Statistik. 2005. Profil Industri Kecil dan Kerajinan Rumah Tangga. Badan Pusat Statistik. Jakarta.

David, F. R. 2009. Manajemen Strategis Konsep, Buku 1. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Ginting, A. 2006. Perumusan Strategi Perusahaan PT X menggunakan Matriks Evaluasi Faktor. Jurnal Sistem Teknik Industri. 7(1): 1-5.

Kotler, P and Amstrong, G. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi ke 12. Erlangga. Jakarta.

Kotler, P dan Keller,K. L. 2008. Manajemen Pemasaran, Terjemahan: Bob Sabran, Edisi 13 Jilid 1, Erlangga. Jakarta.

Mulyadi. 2007. Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen. Salemba Empat. Jakarta.

Downloads

Published

2023-03-27

How to Cite

Permatasari, K., Nurainy, F., Utomo, T. P., & Suroso, E. (2023). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PEMPEK CEMOT KABUPATEN LAHAT. Jurnal Agroindustri Berkelanjutan, 2(1), 123–129. https://doi.org/10.23960/jab.v2i1.7188

Issue

Section

Articles