ANALISIS SIKAP KONSUMEN TERHADAP ATRIBUT PRODUK DIMSUM MORESTO DI KOTA BANDAR LAMPUNG, LAMPUNG

Authors

  • Karen Syafiyah Citra Baradatu
  • Harun Al Rasyid
  • Pramita Sari Anungputri
  • Novita Herdiana

DOI:

https://doi.org/10.23960/jab.v2i1.7193
Abstract View: 822

Abstract

Dimsum Moresto merupakan restoran penyedia produk olahan dimsum yang saat ini sangat dikenal dikalangan masyarakat, terutama masyarakat Bandar Lampung. Kesukaan masyarakat Indonesia terhadap dimsum dapat diketahui melalui penilaian konsumen terhadap atribut-atribut produk yang dimiliki oleh produk dimsum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap konsumen terhadap produk Dimsum Moresto, serta mengetahui atribut terpenting dan kinerja atribut produk Dimsum Moresto agar dapat dikembangkan. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode fishbein untuk menilai sikap konsumen terhadap atribut produk dan metode Importance Performance Analysis (IPA) untuk mengetahui atribut terpenting dan kinerja atribut tersebut. Atribut yang digunakan berupa rasa, tekstur, varian, aroma, warna, porsi, harga, dan promosi. Atribut rasa memperoleh nilai sikap sebesar 20,70 yang dinilai sangat positif oleh konsumen. Atribut tekstur, varian, aroma, warna, porsi, dan harga memperoleh nilai sikap 15,4 hingga 20,2 yang dinilai positif oleh konsumen. Atribut promosi memperoleh nilai sikap sebesar 14,95 yang dinilai netral oleh konsumen. Atribut harga dan promosi termasuk ke dalam kuadran prioritas utama dikarenakan menurut penilaian konsumen atribut tersebut dianggap penting dalam keputusan pembelian dimsum tetapi kinerjanya belum memenuhi harapan konsumen, sehingga perlu untuk dikembangkan agar dapat meningkatkan penjualan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriyanti, S., dan Rasmikayati, E., 2017. Studi Strategi Pemasaran Terbaik Berdasarkan Perilaku Konsumen Dalam Menghadapi Persaingan Antar Kedai Kopi di Jatinangor. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh 3(3), 480 – 497.

Amam, Z., Fanani, dan Nugroho, B. A., 2016. Analisis Sikap Konsumen terhadap Susu Bubuk Berkalsium Tinggi dengan Menggunakan Multi-Atribut dan Norma Subyektig Model. Jurnal Wacana 19(1), 1 – 12.

Anin, F. A., Rasimin, B. S., dan Atamimi, N., 2015. Hubungan Self-Monitoring dengan Impulsive Buying Terhadap Produk Fashion Pada Remaja. Jurnal Psikologi 35(2), 181 – 193.

Asfandita, E. K., 2020. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Suasana Toko terhadap Keputusan Pembelian Mie Setan Noodle and Dimsum Gresik. [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel. Surabaya.

Assauri, S., 2010. Manajemen Pemasaran. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Chendawati, 2017. Dimsum Istimewa. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Churchill, G. A., 2005. Dasar-Dasar Riset Pemasaran, Edisi 4, Jilid I. Erlangga. Jakarta.

Dahari, Z, Muhamad, A., dan Fam, K. S., 2015. Measuring service quality in islamic banking: Importance Performace Analysis approach. Asian Journal of Bussines Research 5(1), 15 – 18.

Fandos, C., dan Flavian, C., 2006. Intrinsic and extrinsic quality attributes, loyalty, and buying intention: an analaysis for a PDO product. British Food Journal 108(8), 646 – 652.

Hasbi, A. R., 2019. Preferensi Konsumen dalam Keputusan Pembelian Produk Nugget Ayam di Kota Palopo. Agrovital: Jurnal Ilmu Pertanian 4(1), 7 – 8.

Karina, S. M., dan Endang, T. A., 2017. Pengembangan Kuliner. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta.

Kotler, P., dan Keller, K. L., 2012. Manajemen Pemasaran Edisi Keduabelas. Indeks. Jakarta.

Mowen, J., dan Minor, M., 2002. Perilaku Konsumen. Erlangga. Jakarta.

Mustafid, dan Gunawan, A., 2008. Pengaruh Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian Keripik Pisang “Kenali” pada Pd. Asa Wira Perkasa di Bandar Lampung. Jurnal Bisnis dan Manajemen 4(2), 123 – 140.

Mustain, A. M., 2002. Memperlajari Aspek Penerimaan Bahan Baku dan Proses Pengemasan pada Produk Confectionary di PT. Sweet Candy Indonesia [Skripsi]. Insitut Pertanian Bogor. Bogor.

Ningsih, R. A. A. S., dan Bawono, Y., 2016. Hubungan Antara Perilaku Konsumtif pada Produk X dengan Citra Diri Remaja Putri. Jurnal Mediapsi 2(1), 45 – 50.

Priyono, 2008. Metode Penelitian Kuantitatif. Zifatama Publishing, Sidoarjo.

Rahardjo, C. R., 2016. Faktor Yang Menjadi Preferensi Konsumen Dalam Membeli Produk Frozen Food. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis 1(1), 34 – 35.

Ramadhani, R., Anantanyu, A. S., dan Sundari, M. T. 2016. Analisis Pengambilan Keputusan Konsumen dan Brand Positioning Kopi Instan di Kota Surakarta. Jurnal Ilmiah UNS 4(3), 1 – 12.

Riduwan, 2012. Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Alfabeta. Bandung.

Setyaningsih, D., Apriyantono, A., dan Sari, M. P., 2010. Analisis Sensori Untuk Industri Pangan dan Agro. IPB Press. Bogor.

Simamora, H., 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. STIE YKPN. Yogyakrata.

Sumarwan, U., 2014. Perilaku Konsumen: Teori Dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Ghalia Indonesia. Jakarta.

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Cet. 19. Alfabeta. Bandung.

Supramono dan Haryanto, 2003. Desain Proposal Penelitian Studi Pemasaran. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Yustitia, A., 2009. Atribut Kepuasan Konsumen Produk Minuman Ringan Coca Cola di Kota Bandar Lampung. Jurnal Teknologi dan Industri Hasil Pertanian 14(1), 45 – 54.

Downloads

Published

2023-03-27

How to Cite

Baradatu, K. S. C., Rasyid, H. A., Anungputri, P. S., & Herdiana, N. (2023). ANALISIS SIKAP KONSUMEN TERHADAP ATRIBUT PRODUK DIMSUM MORESTO DI KOTA BANDAR LAMPUNG, LAMPUNG. Jurnal Agroindustri Berkelanjutan, 2(1), 171–184. https://doi.org/10.23960/jab.v2i1.7193