STRATEGI PEMASARAN KOPI BUBUK GHALKOFF (Studi Kasus di PT Ghaly Rolies Indonesia, Bandar Lampung)

Authors

  • Miftahul Khairunnisa Hani
  • Harun Al Rasyid
  • Puspita Yuliandari
  • Dewi Sartika

DOI:

https://doi.org/10.23960/jab.v2i1.7230
Abstract View: 410

Abstract

PT Ghaly Rolies Indonesia adalah perusahaan yang berfokus pada pengolahan produk kopi, salah satunya adalah kopi dalam kemasan bermerk Ghalkoff.  Namun, pemasaran yang dilakukan masih kurang maksimal dan terjadi penurunan penjualan akibat pandemi Covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal, merumuskan dan membuat prioritas strategi pemasaran kopi bubuk Ghalkoff.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan teknik survei lapangan.  Data dianalisis menggunakan analisis matriks IFAS dan EFAS, matriks grand strategy, matriks SWOT, dan matriks QSPM.  Berdasarkan analisis matriks IFAS dan EFAS, nilai yang didapatkan yaitu 1,00 (matriks IFAS) dan 1,31 (matriks EFAS) sehingga dapat diketahui posisi PT Ghaly Rolies Indonesia berada pada kuadran I.  Strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (growth-oriented strategy) dan menghasilkan enam strategi pada analisis matriks SWOT.  Data dianalisis menggunakan matriks QSPM untuk diketahui urutan prioritasnya.  Dari hasil analisis matriks QSPM didapatkan dua prioritas strategi pemasaran kopi bubuk Ghalkoff yaitu meningkatkan kegiatan promosi baik secara offline maupun online dengan nilai TAS sebesar 12,86 dan membentuk citra dan image produk sebagai kopi organik sehingga konsumen lebih tertarik dan beralih dari kopi merk lain ke kopi Ghalkoff dengan nilai TAS sebesar 12,59.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdoellah, S., dan Hartatri, D. F. S., 2021. Analisis Kinerja dan Prospek Komoditas Kopi. Jurnal Analisis dan Opini Perkebunan 2(2), 1-7.

Almega, S., G., P., S., Indriani, Y., & Nugraha, A., 2022. Studi Ragam Pengolahan Pasca Panen Biji Kopi terhadap Keuntungan, Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Kopi Ghalkoff. Jurnal Ilmu Agribisnis 10(2): 262-269.

David, F., R. 2011. Strategic Management. Buku 1. Edisi 12. Jakarta. 561 hlm

Direktorat Jenderal Perkebunan. 2021. Statistik Perkebunan Unggulan Nasional 2019-2021. 1056 hlm.

Effendi, M. 2021. Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Citra Lembaga di Lembaga Pendidikan Islam. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management 2(1), 39-51.

Kotler, P dan Keller, K. L., 2005. Manajemen Pemasaran. Penerbit Indeks Kelompok Gramedia. Jakarta. 954 hlm.

Rangkuti, F. 2008. The Power Of Brand Teknik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Merek. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta. 245 hlm.

Rangkuti, F. 2017. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta. 246 hlm

Downloads

Published

2023-03-27

How to Cite

Hani, M. K., Rasyid, H. A., Yuliandari, P., & Sartika, D. (2023). STRATEGI PEMASARAN KOPI BUBUK GHALKOFF (Studi Kasus di PT Ghaly Rolies Indonesia, Bandar Lampung). Jurnal Agroindustri Berkelanjutan, 2(1), 196–205. https://doi.org/10.23960/jab.v2i1.7230