Perkembangan Digital Marketing pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Kampung Sidokerto, Kecamatan Bumi Ratu Nuban, Kabupaten Lampung Tengah
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Astuti, "Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan UMKM di Surakarta," Jurnal Bisnis dan Manajemen, vol. 14, no. 1, pp. 15–30, 2020, doi: 10.20961/jbm.v14i1.2678.
A. Saputra, Sukarelawati, and Agustini, "Komunikasi pembangunan Desa Sindangsari dalam meningkatkan partisipasi sosial masyarakat," Jurnal Komunikasi, vol. 6, no. 1, pp. 41–46, 2020, doi: 10.30997/jk.v6i1.2085.
J. Sulaksono and N. Zakaria, "Peranan digital marketing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Desa Tales Kabupaten Kediri," Generation Journal, vol. 4, no. 1, pp. 41–47, 2022, doi: 10.29407/gj.v4i1.13906.
Y. Waskithoaji and B. A. Darmawan, "Peran Teknologi dalam Penggunaan Media Sosial dan Dampaknya terhadap UMKM," Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis dan Manajemen, vol. 1, no. 2, pp. 223–237, 2023. [Online]. Available: [https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/24812](https://journal.uii.ac.id/selma/article/view/24812)
D. Fitriani, Y. Budiyani, A. R. Hardika, and M. Choerunissa, "Partisipasi masyarakat dalam proses demokrasi di Indonesia: analisis peran teknologi dan media sosial," Advances In Social Humanities Research, vol. 1, no. 4, pp. 362–371, 2023, doi: 10.46799/adv.v1i4.43.
M. Jannah, Sinergi Medsos Dalam Membangun Partisipasi Masyarakat Dengan Instansi Pemerintah, 2021.
L. Hakim, "Pembangunan desa mandiri melalui partisipasi masyarakat di Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa," JPPM: Journal of Public Policy and Management, vol. 1, pp. 2715–2952, 2020, doi: 10.26618/jppm.v1i1.2577.
T. S. Rusli, Y. Boari, D. A. Amelia, D. Rahayu, B. Setiaji, and I. Yuniwati, Pengantar metodologi pengabdian masyarakat. Pidie: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, 2024.
I. Yuswono, A. Turmudhi, Y. Ristianawati, M. D. Praptitorini, and N. Salim, "Digital marketing sebagai pengungkit kinerja UMKM," Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, vol. 3, no. 2, pp. 82–88, 2024, doi: 10.54099/jpma.v3i2.993.
A. P. Putri, "Pelatihan digital marketing untuk mencapai
optimalisasi strategi pemasaran pada UMKM," Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, vol. 3, no. 2.1 Desember, pp. 828–839, 2022, doi: 10.55338/jpkmn.v3i1.261.
D. N. Fazrin and I. Sukoco, "Peran media sosial instagram dalam membangun kesadaran berdonasi di Lazis Darul Hikam," Jurnal Sosiologi USK (Media Pemikiran dan Aplikasi), vol. 15, no. 1, pp. 22–41, 2021, doi: 10.24815/jsu.v15i1.20343.
H. Awali, "Urgensi pemanfaatan e-marketing pada keberlangsungan UMKM di Kota Pekalongan di tengah dampak covid-19," BALANCA: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, vol. 2, no. 1, pp. 1–14, 2020, doi: 10.35905/balanca.v2i1.1342.
M. Indriastuti and I. Kartika, "The impact of digitalization on MSMEs’ financial performance: the mediating role of dynamic capability," Jurnal Economia, vol. 18, no. 2, pp. 240–255, 2022, doi: 10.21831/economia.v18i2.42790.
E. Kurniawan, N. Nofriadi, and D. Maharani, "Sosialisasi digital marketing dalam upaya peningkatan penjualan produk UMKM," Jurnal Pemberdayaan Sosial Dan Teknologi Masyarakat, vol. 1, no. 1, pp. 31–36, 2021, doi: 10.54314/jpstm.v1i1.542.
G. Abdurrahman, H. Oktavianto, E. Y. Habibie, and A. W. Hadiyatullah, "Pelatihan digital marketing pada UMKM sebagai penunjang kegiatan promosi dan pemasaran," Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, vol. 1, no. 2, pp. 88–92, 2020, doi: 10.32528/jpmm.v1i2.3981.
A. Alwendi, "Sosialisasi digital marketing dalam meningkatkan pendapatan UMKM di Desa Basilam Baru Kecamatan Muara Tais-II Kabupaten Tapanuli Selatan," Welfare: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 1, no. 1, pp. 135–143, 2023, doi: 10.30762/welfare.v1i1.333.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960/rdj.v4i1.11097
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.