Persepsi Masyarakat Terhadap Homestay Untuk Ekowisata Di Suoh Lampung Barat

Gunardi Djoko Winarno, Arief Darmawan, Rusita Rusita, Elza Wahyuni

Abstract


Homestay sangat penting karena dapat menunjang kepuasan kepada wisatawan yang akan bermalam pada suatu destinasi  desa ekowisata. Kegiatan ini dapat memberikan suasana lingkungan yang baru bersama masyarakat lokal sehingga saling memberikan pengalaman edukasi. Disisi lain masih banyak masyarakat di sekitar atau di dalam destinasi yang belum mengenal tata cara mengelola homesta. Sehingga pelatihan ini sangat perlu dilakukan agar masyarakat dalam mengelola homestay menjadi baik dan dapat memberikan kepuasan kepada pengunjung. Pelatihan ini dapat memberikan wawasan dan pengalaman kepada masyarakat dalam mengelola homestay sehingga pengunjung diharapkan akan datang kembali. Kesempatan ini membuka peluang usaha yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat lokal. Pelatihan in dilaksanakan di Desa Suka Marga Suoh Lampung Barat. Metode yang digunakan dengan Teknik  FGD dan penyebaran kuisioner menggunakan skala likert.  Pelatihan homestay dapat membantu mengembangkan keterampilan layanan yang baik. Mereke menyatakan sikap yang ramah dan sopan dalam penyambutan wisatawan.  Masyarakat dapat belajar tentang etika kerja, komunikasi efektif, keramahan, kebersihan, dan kemampuan menyajikan makanan yang baik kepada tamu. Hal ini dapat meningkatkan kepuasan wisatawan dan memberikan pengalaman yang positif.

Full Text:

PDF

References


Satya M.T., A. Tejaningrum, Hanifah, “Program Homestayuntuk Pengembangan Ekonomi Masyarakat Di Kampung Kreatif Cibunut,” Jurnal Dharma Bhakti Ekuitas Vol. 04, No. 01, September 2019 ISSN: 2528-2190. 2019.

P.A. Aryasih dan N.T. Aryanata, “Homestay Dan Budaya: Idealisme Keberadaan Homestay,” In book: Homestay, Mozaik Pariwisata Berbasis Kerakyatan (pp.93-102), Chapter: 6, Publisher: Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua-Bali, 2018.

H.S.N. Hidayah, “Smart Tourism: Aksentuasi Kesiapan Homestay Di Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung, Pandeglang-Banten,” Media Wisata, Vol. 18, No. 1, Pp. 101–112, May 2021, Doi: 10.36276/Mws.V18i1.81, 2021.

I.G.N.S. Ariantika, M. Jumail, Murianto, "Partisipasi Masyarakat Lokal Dalam Pengembangan Pariwisata Di Desa Batu Putih Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat," Journal Of Responsible Tourism, Vol.2, No.1, 2022.

R. Oliver, “Satisfaction : A Behavioral Perspective on the Consumer (2nd edition ed.),” New York: Routledge, 2015.

J.L. Giese, & J.A. Cote, "Defining Consumer Satisfaction. Academy of Marketing Science Review," 2002.

F.T.R. Prastiwi, C. Ratnaningsih, S. Windhyastiti, & U. Khouroh, "Analisis Pengaruh Tren Budaya, Brand Ambassador dan Harga Terhadap Purchase Intention, Jurnal Bisnis dan Manajemen, vol. 7(1), 55-60, 2020.

A. Stephanie, A., S. Hidayatullah, Y.T. Ardianto, "An Emperical Study of Website Quality on Hotel Booking Online," 4(2), 10–14, 2019.

S. Hidayatullah, U. Khouroh, I. Windhyastiti, "Development of Tourist Village Model Through “Pokdarwis” Empowerment and Information Technology Utilization", European Journal of Business and Management, (January). https://doi.org/10.7176/ejbm-10-23-12, 2018.

J. Hasanov, & H. Khalid, H. "The Impact of Website Quality on Online Purchase Intention Organics Foodin Malaysia : A Webqual Model Approach," Procedia Computer Science 72 (pp. 389). Elsevier B.V, 2015.

A.R Aminudin, "Pelaksanaan Pengelolaan Homestay Di Desa Lubuk Kembang Bunga Kawasan Eko Wisata Tesso Nilo Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau," Jom FISIP Vol. 2 No. 2, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960/rdj.v2i2.8159

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 View My Stats

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.