Pelatihan Pengembangan Interpretasi Ekowisata di Suoh Lampung Barat
DOI:
https://doi.org/10.23960/rdj.v3i1.8998
Abstract
Pentingnya smart ekowisata ini adalah penunjang kegiatan interpreter (pemandu) ekowisata dalam mendeskripsikan obyek wisata sebagai obyek wisata utama kepada wisatawan di Ekowisata Suoh. Permasalahannya adalah belum tersedianya pemandu wisata yang cukup ketika wisatawan membutuhkannya. Selama ini informasi disajikan dalam bentuk papan informasi. Tujuan pengabdian ini adalah memberikan edukasi kepada wisatawan dan membantu kegiatan interpretasi obyek wisata sehingga pengunjung akan mendapatkan ilmu pengetahuan, kepuasan dan kesenangan sehingga mereka diharapkan akan datang kembali ke Ekowisata Suoh. Inovasi ini akan menjadi teladan bagi seluruh kegiatan ekowisata di Indonesia yang tentunya membutuhkan kegiatan interpretasi sebagai sarana pendidikan kepada pengunjung melalui kegiatan pelatihan kepada kelompok sadar wisata Suoh. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa pada awalnya masyarakat masih belum mengenal interpretasi ekowisata dan kegiatannya. Mereka masih belum menyadari adanya peran perguruan tinggi yang dapat membantu mengembangkan kegiatan interpretasi melalui penyuluhan ini. Setelah dilakukan penyuluhan mereka semakin mengerti pentingnya interpretasi dan menyadari pentingnya peran perguruan tinggi dalam membantu meningkatkan kepuasan wisatawan melalui informasi yang eduktif demi menjaga kelestarian sumberdaya ekowisata sekaligus pemanfaatannya untuk memberikan kontribusi yang baik bagi kehidupan mereka.Downloads
References
Drumm, Andy dan M. Alan. 2005. Ecotourism Development - A Manual for Conservation Planners and Managers Vol. 1 An Introduction to Ecotourism Planning, Second Edition. The Nature Conservancy. United Stated of America.
A.B. Ahmad. "Pengaruh Citra Destinasi terhadap Intensi Wisatawan Berkunjung Kembali di Destinasi Sulawesi Selatan 2014". Sosiohumaniora - Jurnal Ilmu-ilmu Sosial dan Humaniora Vol. 20, No. 3, pp: 207 - 214. 2018.
Moscardo, G. Interpretation and tourism: holy grail or emperor’s robes?. J Culture, Tour, Hospital Reseaarch, vol 8, p. 462-476. 2014.
T.P. Robustin, R.A. Sularso, & I. Suroso, I. "The Contribution of Tourist Attraction , Accessibility and Amenities in Creating Tourist Loyalty in Indonesia," Journal of Business and Economics Review, vol 3, no. 1, pp 92–98, 2018.
S. Hidayatullah, I.K. Rachmawati, E. Aristanto, A. Waris, & R.G. Patalo, "Peran Sistem Informasi Pemasaran Kualitas Pelayanan dan Entrepreneurial marketing serta Kepuasan Terhadap Loyalitas Generasi Milenial Berkunjung ke Tempat Wisata". https://doi.org/10.32812/jibeka.v14i1.148, 2020.
Oliver, R. L. Satisfaction: A Behavioral Perspective on the Consumer. In McGraw-Hill series. https://doi.org/10.1139/h11-134, 1997.
A. Stephanie, S. Hidayatullah, & Y.T Ardianto, "An Emperical Study of Website Quality on Hotel Booking Online". International Journal of Business Marketing and Management (IJBMM) Volume 4 Issue 2, 10–14, 2019.
I. Amalia, & Murwatingsih. Pengaruh citra destinasi dan nilai pelanggan terhadap loyalitas pengunjung melalui kepuasan pengunjung. Management Analysis Journal, 2016.