KENDALI JUMLAH DAN WAKTU BERANGKAT TRUK PENGANGKUT TBS UNTUK MINIMALISASI ANTRIAN DI PABRIK MINYAK KELAPA SAWIT

Andreas Wahyu Krisdiarto, Irya Wisnubhadra, Kuncoro H Widodo

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan model perhitungan yang dapat digunakan sebagai dasar pengelolaan truk pengangkut TBS, terutama pemberangkatannya. Dengan mengendalikan pemberangkatan truk dari kebun berdasarkan kapasitas nyata pabrik secara sistematis, antrian truk di stasiun penerimaan pabrik dapat diminimalisasi. Faktor-faktor yang diperhitungkan adalah kapasitas pabrik, kapasitas produksi kebun, kesediaan truk, dan kondisi jalan perkebunan. Target akhir dari sistem adalah peningkatan mutu TBS sebagai bahan baku minyak kelapa sawit, yaitu kadar asam lemak bebas (ALB) nya dipertahankan kurang dari 5% dan efisiensi operasional alat angkut (meminimalkan waktu antri truk). Dalam penelitian ini dilakukan simulasi waktu dan kapasitas, untuk mensinkronkan pengangkutan TBS dari kebun dengan kapasitas PMKS dari waktu ke waktu. Analisa parameter kinerja angkutan menunjukkan : 1)Berat TBS tidak mempengaruhi waktu muat-angkut dan waktu hilang, namun berkorelasi dengan kecepatan. 2)Kapasitas PMKS berubah-ubah terhadap waktu. Pasokan TBS dari kebun bisa diatur mengikuti pola kapasitas PMKS, dengan formula untuk jumlah truk yang berangkat dari kebun adalah Jt =  (Jl x Kl)/Kt, dan saat berangkat truk adalah: tb = tl – ts. Metode ini dapat menjadi sistem pendukung pengambilan keputusan (decision support system, DSS) dalam sistem pengelolaan transportasi TBS agar optimum.

 

Kata Kunci:   Angkutan kelapa sawit, antrian truk, decision support system


Full Text:

PDF

References


Alfonso-Lizarazo, E. H., Montoya-Torres J. R., dan Gutiérrez-Franco, E. 2013. Modeling reverse logistics process in the agro-industrial sector : The Case Of The Palm Oil Supply chain. Applied Mathematical Modelling 37: 9652–9664.

Ashton, K. 2009. That ‘Internet of Things’ Thing. RFID Journal.

Budiyanto, Mudjiharjo, S., dan Sabri, C.S. 2005. Identifikasi kerusakan buah sawit dan pengaruh penundaan pengolahan terhadap peningkatan kandungan ALB pada buah sawit. Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian Indonesia 7: 133-139.

Ibrahim, S.. 2008. Transportation Optimization Model Of Palm Oil Products For Northern Peninsular Malaysia. Disertasi. School of Industrial Technology, Universiti Sains Malaysia, Kuala Lumpur.

Krisdiarto, A.W dan Santoso, T.N.B. 2012. Keterkaitan infrastruktur jalan dan hujan terhadap tingkat restan TBS pada perkebunan kelapa sawit. Prosiding Seminar Nasional Keteknikan Pertanian: “Peran Keteknikan Pertanian dalam Pembangunan Industri Pertanian Berkelanjutan Berbasis Kearifan Lokal”, hal. 211-220. Universitas Udayana, Denpasar.

Krisdiarto, A.W. dan Sutiarso, L. 2016a. Study on oil palm fresh fruit bunch bruise in harvesting and transportation as a function to quality. Makara Journal of Technology. Universitas Indonesia 20 (2): 67-72.

Krisdiarto, A.W. dan Soetiarso, L. 2016b. Pengaruh kerusakan jalan perkebunan dan posisi TBS di bak truk terhadap kinerja pengangkutan kelapa sawit. Agritech, 36 (2): 219-225.

Krisdiarto, A.W., Soetiarso, L. dan Widodo, K.H. 2017. Optimasi kualitas tandan buah segar kelapa sawit dalam proses panen-angkut menggunakan model dinamis. Agritech, 37 (1).

Martínez Avella, M.E, Rafael Guillermo G.C, Edgar G.F, Maria M.C. 2005. Optimization Model of Supply Chain on A Palm Oil Plantation. Universidad de La Sabana, Bogotá, Colombia.

Purba, P. dan Lubis, A.U. (1989). Aspek panen dan pengangkutan tandan dalam manajemen kelapa sawit. Dalam: Lubis, A.U. dkk. (ed). Budi Daya Kelapa Sawit (Elaeis guineensis Jacq.), hal 83 - 98. Pusat Penelitian Marihat, Medan.

Turban, Efraim. 2005. Decision Support System and Intelligent Systems. Ed 1 jilid 1. New Jersey: Pearson Education Inc. Hal 19




DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jtep-l.v8i4.251-255

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Andreas Wahyu Krisdiarto

Web
Analytics JTEP Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.